Praktik dan Tantangan Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar sebagai Unsur Penting dalam Keterampilan Dasar Mengajar
Abstract
Teaching variation skills are strategies used by teachers to create an active and enjoyable classroom atmosphere. However, challenges such as teacher readiness, limited facilities, and lack of continuous training still exist. This study aims to explore how teaching variation is applied in learning and identify the obstacles teachers face. The method used is a Systematic Literature Review (SLR) by analyzing relevant scientific articles. The findings show that teaching variation is an essential part of learning and belongs to basic teaching skills. Teachers still face difficulties in creativity, skills, media use, and adapting to student characteristics. Recommended solutions include improving teacher competence, understanding students, using simple media creatively, and designing strategies based on student interests. It is concluded that enhancing teaching variation skills can significantly improve learning effectiveness and support educational goals.
Keterampilan variasi mengajar merupakan strategi yang diterapkan oleh guru untuk menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan, namun masih banyak hambatan seperti kesiapan guru, keterbatasan sarana prasarana, serta kurangnya pelatihan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana keterampilan variasi mengajar diterapkan dalam proses pembelajaran serta mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam praktiknya. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menelaah sejumlah artikel ilmiah yang relevan secara komprehensif. Hasil kajian menunjukkan bahwa keterampilan variasi mengajar merupakan aspek penting dalam pembelajaran dan termasuk keterampilan dasar mengajar. Namun, guru masih menghadapi kendala dalam kreativitas, keterampilan, pemanfaatan media, serta penyesuaian terhadap karakter siswa. Solusi yang disarankan meliputi peningkatan kompetensi guru, memahami karakter siswa, menggunakan media sederhana secara kreatif, dan menyusun strategi sesuai minat dan bakat siswa. Disimpulkan bahwa keterampilan mengadakan variasi mengajar jika ditingkatkan dapat secara signifikan memengaruhi efektivitas proses pembelajaran dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achdiani, Y., & Rusliyani, D. A. (2017). Pengetahuan keterampilan dasar mengajar dalam menyiapkan guru sekolah menengah kejuruan. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 5(2), 34-43.
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68-82.
Aini, N. Q., Sormin, Y., Septia, D., Mardiyyana, R. P., & Rostika, D. (2023). Analisis Keterampilan Mengadakan Variasi Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 3274-3283.
Anggrayani, A., Iriani, T., & Sri Handoyo, S. (2023). Ragam Variasi Dalam Keterampilan Dasar Mengajar. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 481-494.
Billah, M. T. (2022). Pengembangan Variasi Mengajar Guru di Madrasah Tsanawiyah Attaraqqie Malang. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 330-344.
Fatmaryanti, S. D., Amananda, N., & Anjarini, T. (2025). Analisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi media pembelajaran IPA di sekolah dasar. Borobudur Educational Review, 5(1), 49-55.
Fikri, M., Adinda, R., Putri, R., & Ayu, S. (2023). Pengaruh Penguasaan Guru dalam Melakukan Variasi Mengajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3137-3145.
Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Hibatullah, M. Z. (2024). Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi pada Pembelajaran PAI di SDIT 1 Daarussalaam Sangatta. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(1), 11-29.
Hermayani, N. S., Winarti, P., & Legowo, Y. A. S. (2024). Analisis Keterampilan Guru Kelas V Mengadakan Variasi dalam Pembelajaran Tematik di SDN Ngargoloka. WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan), 12(1), 34-41.
Hidayat, S. (2017). Pengembangan Guru Profesional. PT, Remaja Rosdakarya, Bandung
Juliasih, J. (2024). Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG).
Khaerani, U., Ertanti, D. W., & Dewi, M. S. (2024). KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBERIAN VARIASI MENGAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 73-80.
Nurassyifa Qurotul Aini, Yeyen Sormin, Septia, D., Ramanda Putri Mardiyyana, & Deti Rostika. (2023). Analisis Keterampilan Mengadakan Variasi Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 3274 - 3283.
Prasandha, D., & Utomo, A. P. Y. (2022). Evaluasi keterampilan dasar mengajar mahasiswa dalam program kampus mengajar angkatan 1 tahun 2021. Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 48-55.
Rachmadian, R. H., Setyaningrum, S. N., Azifah, Z., Nurhijjah, S., Pratama, S. A. R., & Soekamto, H. (2023). Pengaruh usia dan latar belakang pendidikan guru terhadap keterampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(9), 932-939.
Rahmawati, R., Asmahasanah, S., & Suhendra, S. (2023). Keterampilan Guru Kelas Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas III di SDN Bojonggede 04. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 10180-10193.
Sari, A. P., Hamzah, R. A., & Ulfa, M. (2024). Keterampilan Mengadakan Variasi (Variations Skills) Di Sekolah Dasar. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 66-77.
Sari, A., Dahlan, Tuhumury, R. A. N., Prayitno, Y., Siegars, W. H., Supiyanto, A. S. (2023). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Jayapura: CV. Angkasa Pelangi.
Sari, P. P. (2021). Evaluasi Keterampilan Mengajar Mengadakan Variasi Mahasiswa PGSD Semester VI Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 111-122.
Seran, E. Y., & Subekti, M. R. (2021). Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SDN 12 Sepan Mengaret. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(2), 11-17.
Setiono, I., Djuwati, P., & Dalifa, D. (2021). Studi Deskriptif Keterampilan Variasi Gaya Mengajar Guru Pada Proses Pembelajaran Di Kelas Ii Sd Negeri 68 Kota Bengkulu. Primary Education Journal Silampari (PEJS), 2(2), 1-11.
Siagian, F. M., Aliyah, N., Yulia, R., & Nur, K. (2025). Keterampilan Mengadakan Variasi. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 6(1), 01-10.
Sidqi, D. F., Dewantara, I. P. M., & Wirahyuni, K. (2024). KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR GURU BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 SINGARAJA: SKILLS IN VARIING INDONESIAN LANGUAGE TEACHING IN THE INDEPENDENT CURRICULUM IN GRADE VII OF SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 14(3), 378-388.
Sumiani, H. S. B., Syafitri, J., & Gusmaneli, G. (2024). Pengembangan Variasi Mengajar. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 64-78.
Sundari, A., Fauzia, F. I., Hakim, R. T., & Lahera, T. (2023). Pengaruh Keterampilan Guru Mengadakan Variasi dalam Mengelola Kelas. Journal On Education, 5.
Susanti, A., & Janattaka, N. (2020). Analisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 51-62.
Wahyulestari, M. R. D. (2018). Ketrampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Yuanita, Y. (2019). Tingkat Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Sekolah Dasar Pada Perkuliahan Mikroteaching. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 8(1), 69–84. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1952
Refbacks
- There are currently no refbacks.