Inovasi Media Papan JELIA (Jelajah Alam Ceria) dalam Pembelajaran Kontekstual Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Aktivitas Penyusunan Rantai Makanan pada Siswa SD

Aisyah Nur Qoriah, Alif Aisah Fatikasari, Adinda Putri Setiyaningrum, Wahyu Setianingsih

Abstract

Innovative learning media is very important to convey information about ecosystems that are often considered less interesting by elementary school students. One tool that has been developed is the JELIA (Jelajah Alam Ceria) board, a contextualized game-based media designed to assist students in understanding the concepts of food chains and ecosystems in a funway. This study aims to evaluate the role of the JELIA board in increasing student activity in organizing food chains. The method used was a literature review to analyze the effectiveness of the JELIA board in teaching ecosystem materials. In addition, validation from experts showed a feasibility score of more than 85%, and positive responses from students and teachers confirmed that this media is practical, interesting, and relevant to their daily lives. The application of the JELIA board also contributed to a significant increase in learning outcomes, from an average of 50% to 85%. Therefore, the JELIA board has the potential to be an effective alternative in learning that supports a contextual approach to ecosystem material in IPAS lessons in elementary schools. This study recommends that teachers continue to develop context-based learning media to make learning more meaningful and relevant for students.

 

Media pembelajaran yang inovatif sangat penting untuk menyampaikan informasi tentang ekosistem yang sering kali dianggap kurang menarik oleh murid-murid sekolah dasar. Salah satu alat yang telah dikembangkan adalah papan JELIA (Jelajah Alam Ceria), sebuah media berbasis permainan yang kontekstual yang dirancang untuk membantu siswa dalam memahami konsep rantai makanan dan ekosistem dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran papan JELIA dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam menyusun rantai makanan. Metode yang digunakan adalah kajian literatur atau tinjauan pustaka untuk menganalisis efektivitas papan JELIA dalam pengajaran materi ekosistem. Selain itu, validasi dari para ahli menunjukkan skor kelayakan lebih dari 85%, dan respon positif dari siswa dan guru menegaskan bahwa media ini praktis, menarik, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Penerapan papan JELIA juga berkontribusi pada peningkatan hasil belajar yang signifikan, dari rata-rata 50% menjadi 85%. Oleh karena itu, papan JELIA memiliki potensi untuk menjadi alternatif efektif dalam pembelajaran yang mendukung pendekatan kontekstual terhadap materi ekosistem dalam pelajaran IPAS di sekolah dasar. Kajian ini merekomendasikan agar guru terus mengembangkan media pembelajaran berbasis konteks untuk membuat pembelajaran semakin bermakna dan relevan bagi siswa.

Keywords

Papan Jelia, Konseptual,Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF

References

Lipiah, D., Septianti, N., Yuwono, R., & Atika, R. (2022). Implementasi model pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Tsaqofah, 2(1), 31-40.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Oktaviana, M., & Ramadhani, S. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 48-56.

Nababan, D., & Sipayung, C. A. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Model Pembelajaran (CTL). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 825-837.

Budianti, C., Nurmalia, L., & Kusumawardani, S. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep IPA melalui Media Visual dalam Mata Pelajaran IPAS di MIS Al-Hidayah. SEMNASFIP.

Yahya, N. N., Prayogo, M. S., & Hildania, E. (2025). Penerapan Media Papan Rantai Makanan dan Analisis Respon Siswa Kelas IV di SDN Kaliwates 2 Jember. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 189-197.

Setiasih, C. H., Pratiwiningrum, Y., & Riyadi. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Konkret Diorama Rantai Makanan untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Rantai Makanan pada Peserta Didik Kelas 5 SD Negeri Tunggulsari 2 Surakarta. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(4), 183–189.

Raziman, T. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Media Diorama pada Materi Rantai Makanan. JGuruku: Jurnal Penelitian Guru, 2(1), 416–421.

Said, N., Amal, A., & Nasharuddin. (2025). Pengembangan Media Diorama Sains Materi Rantai dan Jaring-Jaring Makanan Kelas V SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 1–17.

Wafa, N. T., & Ulfa, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Parakan (Papan Rantai Makanan) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 MI Miftahul Huda Ngasem. EBTIDA’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 53–61.

Zulhulaifah, M. H., & Wulandari, S. (2021). Analisis Penggunaan Media Papan Planel untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Rantai Makanan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(2), 26–29.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.