The Role of Digital Learning Media in Enhancing Elementary School Students' Speaking Skills

Ahmad Faozan Jamal, Dessy Az-Zahra Putri Riyanti, Farah Nur Azizah, Muhammad Chamdani

Abstract

Speaking skills are essential competencies that students need to develop. This study aims to observe the effectiveness of digital media in enhancing elementary school students' speaking abilities while also exploring its advantages and disadvantages. The research involved a limited review of 10 national journal articles published within the last seven years. The findings indicate that various forms of digital media—such as voice notes (WhatsApp), digital comics, pop-up books, Articulate Storyline, multimedia, digital posters, Duolingo animations, Wordwall, and digital storytelling—are effective in improving students' speaking skills. These media are easy for students to use and understand. With strong speaking skills, students are better able to express ideas, opinions, and feelings; engage in meaningful interactions with peers and others; participate actively in the learning process; and build a deeper understanding of academic subjects. Therefore, digital media are appropriate tools for students, as they significantly contribute to the development of speaking skills.

 

Abstrak

Keterampilan berbicara merupakan suatu keterampilan penting yang perlu diperhatikan oleh para siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengamati efektivitas penggunaan media digital yang berperan penting dalam peningkatan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar serta menggali kelebihan dan kekurangan media digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peneliti melakukan pengkajian terbatas pada 10 artikel jurnal nasional dalam rentang 7 tahun terakhir. Berdasarkan sumber kajian diperoleh media digital berikut seperti: media digital voice note (WhatsApp),komik digital, pop up book, Articulate Storyline, multimedia, poster digital, animasi Duolingo, Wordwall, dan digital storytelling efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa, karena mudah digunakan dan dipahami oleh siswa. Berbekal dengan keterampilan berbicara yang baik, para siswa dapat mengungkapkan gagasan, pendapat dan perasaan untuk berinteraksi dengan teman sejawat atau orang lain, ikut berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, serta membangun pemahaman yang lebih mendalam terhadap mata pelajaran. Oleh karena itu, media digital merupakan media yang tepat untuk digunakan oleh para siswa karena berpengaruh besar terhadap peningkatan kemampuan mereka terutama pada keterampilan berbicara.

Keywords

Keterampilan Berbicara, Media Digital, Studi Literatur

Full Text:

PDF

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2(1), 18–25.

Djonnaidi, S., Wahyuni, N., & Nova, F. (2021). Pengaruh media poster digital dalam pembelajaran daring di masa pandemi terhadap kemampuan berbicara mahasiswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 8(1), 38-46.

Ermayanti, W. (2024). Keefektifan Permainan Wordwall dalam Keterampilan Berbicara Matrei Sinonim dan Antonim Siswa Kelas V SDI Al Madina. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 968-981.

Hanum, A. L., & Subrata, H. (2021). Efektivitas Penggunaan Voice Note Terhadap Pembelajaran Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SDN Kebraon 2 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(07).

Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422.

Herlina, E., Yundayani, A., & Astuti, S. (2021). Penggunaan Duolingo sebagai media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 244-253).

Mirzaqon, A., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktek Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8, 3. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bkunesa/article/view/22037.

Monalisa, I., Suntari, Y., & EW, E. D. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Digital terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1953-1963.

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., ... & Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. bmj, 372.

Putri, L. R. (2023). Pengembangan buku cerita bergambar digital untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III salah satu sekolah dasar di Kabupaten Tangerang. Universitas Pendidikan Indonesia I repository.upi.edu I perpustakaan.upi.edu. 32–39.

Rachmah, F., Astuti, N. W., Putra, F. D. S., & Dewina, Z. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Digital Dalam Mengembangkan Keterampilan Bertanya Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar: Suatu Studi Literatur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 107-124.

Rahmadhani, G. F., Satyani, E. A., Suprobo, P. W., Sari, R. U. P. K., & Setiawan, R. (2023, August). Efektivitas Penggunaan Media Digital & Media Konvensional dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Islam Al-Azhar 7 Solo Baru. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia (Vol. 1, No. 1).

Rajagukgu, M. K. (2024, March). Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Articulate Storyline Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD NegeriI 060935 MEDAN. In Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum) (Vol. 3, No. 1, pp. 107-1).

Ramadhanti, A. P., M. Kurnianti, E., & Hasanah, U. (2024). Studi Literatur: Ragam Media Pembelajaran Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9723– 9732.

Saleh, M. S., Syahruddin, Saleh, M. S., Azis, I., & Sahabuddin. (2023). Media Pembelajaran. 1–77. Retrieved from https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media- pembelajaran

Sari, L. T., Syamsiah, N., & Maruti, E. S. (2022). Peningkatan keterampilan berbicara unggah-ungguh bahasa Jawa menggunakan komik digital disekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 356-362.

Sari, M., Elvira, D. N., & Aprilia, N. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Warta Dharmawangsa, 18(1), 205-218.

Setiawaty, R. (2024). Eksplorasi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara di SD 2 Kesambi Kudus. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(3), 474-485.

Sholikhah, N. A. M. A., Dewi, N. K., & Sholeha, V. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Pembelajaran Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(1), 56-65.

Susilo, A. A., & Sofiarini, A. (2020). Peran guru sejarah dalam pemanfaatan inovasi media pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79-93.

Utami, D. A. R., Saputra, H. H., & Hakim, M. (2025). Identifikasi faktor penyebab rendahnya keterampilan berbicara siswa di SDN Barelantan Lombok Tengah tahun 2025. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 111–122.

Yusron, M., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengaruh media pop up book berbasis literasi digital untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas rendah. MADROSATUNA: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 39-45.

Zahro, F., & Nuroh, E. Z. (2024). Pengaruh Media Animasi terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5247-5254.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.