Meningkatkan Kualitas Guru untuk Menjawab Tantangan Abad 21

Afiq Naufal Faliki, Alfiana Tri Nurkhasanah, Endah Soraya, Muhamad Chamdani

Abstract

Teacher quality is a key factor in the success of education, especially in facing the challenges of 21st-century learning, which demands digital literacy, critical thinking, creativity, collaboration, and effective communication. This study aims to systematically review the literature related to improving teacher quality within this context. The method used is a Systematic Literature Review (SLR) of ten selected articles published between 2018 and 2023, sourced from Google Scholar based on scientific credibility and relevance. The review findings indicate that improving teacher quality involves mastery of educational technology, pedagogical competence, reflective thinking skills, and strong professional character. In addition, continuous training, learning communities, and adaptive educational policies also play a significant role in preparing teachers for changing times. Therefore, a comprehensive, sustainable, and needs-based strategy is essential to enhance teacher quality and support educators in adapting and innovating in the teaching and learning process.

Kualitas guru merupakan kunci keberhasilan pendidikan, terutama dalam menghadapi tantangan abad ke-21 yang menuntut literasi digital, berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi efektif. Penelitian ini bertujuan menelaah literatur secara sistematis terkait peningkatan kualitas guru dalam konteks tersebut. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap sepuluh artikel terpilih yang diterbitkan pada 2018–2023 melalui penelusuran Google Scholar berdasarkan kriteria keilmiahan dan relevansi. Hasil kajian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas guru mencakup penguasaan teknologi pendidikan, kompetensi pedagogik, kemampuan reflektif, dan karakter profesional. Selain itu, pelatihan berkelanjutan, komunitas belajar, serta kebijakan pendidikan yang adaptif turut mendukung kesiapan guru menghadapi perubahan zaman. Oleh karena itu, diperlukan strategi peningkatan mutu guru yang menyeluruh, berkelanjutan, dan sesuai dengan kebutuhan nyata di lapangan guna menciptakan tenaga pendidik yang mampu beradaptasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Keywords

Kualitas Guru, Kompetensi Abad 21, Literasi Digital, Profesionalisme Pendidik, Inovasi Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Ahmad, M. Y., & Siregar, B. (2015). Guru Profesional Menurut Imam Al-Ghazali dan Buya Hamka. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 21–45.https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1446.

Anggraini, T., Ahmad, M., & Hanafi, I. (2024). Analisis Studi Literatur: Pentingnya Literasi Digital Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru.

Ibda, H. &. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1-21.

Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terapan, 11–28. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i3.153

Leonard, L. (2016). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia: Analisis dampak rendahnya kualitas SDM guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).

Muliastrini, N. K. (2020). New Literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115-125.

Muthmainnah, A. P. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(4), 41-48.

Ofita, C., & Sururi, S. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru Abad 21: Tinjauan Peran Guru Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 5(2), 101–110. https://doi.org/10.17509/jtkp.v5i2.64847

Rahayu, R., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Karakteristik Keterampilan Guru Abad 21. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(1), 89. https://doi.org/10.33603/caruban.v6i1.8018

Risdiany, Hani, and Yusuf Tri Herlambang. 2021. “Edukatif : Jurnal Ilmu PendidikanPengembangan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” 3(3):817–22.

Rosyid, A., & Mubin, F. (2024). Pembelajaran Abad 21: Melihat Lebih Dekat Inovasi Dan Implementasinya Dalam Konteks Pendidikan Indonesia. Tarbawi : Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v7i1.586

Saputra, M., Sukriono, D., Mawarti, R. A., Solikah, A. U., & Hasanah, A. A. (2024). Penguatan Kemampuan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Dalam Pembelajaran Abad 2. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Somantri, D. (2021). Abad 21 pentingnya kompetensi pedagogik guru. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 188-195.

Susilo, A. &. (2018). Peran guru sejarah abad 21 dalam menghadapi tantangan arus globalisasi. Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43-50.

Wardani, D. A. (2023). Analisis Kompetensi Guru Di Abad 21. Jurnal Agama Hindu, 28(1), 62-69..

Yufita, Sihotang, H., & Tambunan, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendampingan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3993–4006.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.