Studi Literatur: Evaluasi Ragam Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Matematika

Adiratna Dwi Utami, Agustina Tri Widyani, Dika Ristiningsih, Murwani Dewi Wijayanti

Abstract

The advancement of 21st century education demands mastery of higher-order thinking skills, especially critical thinking, but learning in elementary schools is still dominated by conventional approaches that are teacher-centered and lack active student involvement, making it less effective in developing these abilities. This study aims to evaluate learning models that effectively improve critical thinking skills among elementary school students. Using the narrative review method, this study analyzed the literature on the implementation of innovative learning approaches. The results showed that learning models such as Problem-Based Learning (PBL), Discovery Learning, and Project-Based Learning (PjBL), as well as cooperative strategies such as Jigsaw, Think Pair Share (TPS), Two Stay Two Stray (TSTS), Teams Games Tournament (TGT), and Make a Match proved to be effective in learning. These models can increase students' participation, collaboration, and logical and analytical thinking skills. Therefore, the application of diverse and innovative learning models is a strategic approach to strengthen critical thinking in elementary school mathematics education.

Kemajuan pendidikan abad ke-21 menuntut penguasaan keterampilan berpikir tingkat tinggi, khususnya berpikir kritis, namun pembelajaran di sekolah dasar masih didominasi pendekatan konvensional yang berpusat pada guru dan minim keterlibatan aktif siswa, sehingga kurang efektif dalam mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi model pembelajaran yang secara efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis di kalangan siswa sekolah dasar. Dengan menggunakan metode tinjauan naratif, penelitian ini menganalisis literatur tentang penerapan pendekatan pembelajaran yang inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran seperti Problem-Based Learning (PBL), Discovery Learning, dan Project-Based Learning (PjBL), serta strategi kooperatif seperti Jigsaw, Think Pair Share (TPS), Two Stay Two Stray (TSTS), Teams Games Tournament (TGT), dan Make a Match terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran. Model-model tersebut dapat meningkatkan partisipasi, kolaborasi, serta kemampuan berpikir logis dan analitis siswa. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran yang beragam dan inovatif merupakan pendekatan strategis untuk memperkuat pemikiran kritis dalam pendidikan matematika sekolah dasar.

Keywords

Berpikir Kritis, Model Pembelajaran, Matematika, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Apsoh, S., Setiawan, A., & Marsela, M. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 174–185. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss3.783

Arifin, M. B. U. B., & Laili, D. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 Pada Mata Pelajaran Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1031-1042.

Armidi, N. L. S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(3), 390-395.

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.

Azizah, N., Sulianto, J., & Cintang, N. (2020). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529

Choy, S. C., & Cheah, P. K. (2015). [Evidence from TIMSS on procedural teaching practices limiting critical thinking]. TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Retrieved from TIMSS & PIRLS International Study Center.

Efriyandika, T., Tambe, Z., & Susetyarini, R. E. (2024). STUDI LITERATUR PENGARUH RAGAM MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 109-125.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. The Delphi Report.

Handayani, H. (2020). PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 5 No 1 June 2020. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944

Hartanti, T. R., & Purnomo, D. (2019). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 1 Logede. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 437–444.

Hidayah, R. N., Sulasmono, B. S., & Widyanti, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas IV SD. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 34. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.759

Isnaini, R. N., & Aini, N. (2024). Efektivitas Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Matematika SDN Ploso. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1462–1471. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3279

K.A. Kasmita, I.M. Ardana, & I.M. Gunamantha. (2021). PENGARUH MODEL CORE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V GUGUS 02 KUTA UTARA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 42–50. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i1.249

Kurniasih, E., Raharjo, T. J., & Yuwono, A. (2024). Effectiveness of Problem-Based Learning for Improved Learning Outcomes and Critical Thinking. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 17–26. https://doi.org/10.23969/pjme.v14i1.13358

Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359

Lestari, S. D., Khamdun, K., & Riswari, L. A. (2023). Penerapan Model Make a Match dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Boloagung 02. AS-SABIQUN, 5(2), 592–603. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i2.3125

Machi, L. A., & McEvoy, B. T. (2022). The literature review: Six steps to success. USA: Corwin.

Misla, N., & Mawardi, M. (2020). Perbandingan efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 38–44. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Monrat, P., Phaksunchai, J., & Chonchaiya, S. (2022). Enhancing critical thinking through open-ended problems in primary mathematics classrooms. Education Research International, 2022, Article ID 3300363. https://doi.org/10.1155/2022/3300363

Mustikasari, I., Supandi, S., & Damayani, A. T. (2019). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 307. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19455

Nisvia, R., & Pratiwi, D. A. (2024). IMPLEMENTASI MODEL MARS DAN MEDIA BAAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SDN BENUA ANYAR 8 BANJARMASIN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 619-638.

Nurjannah, A., & Arifin, F. (2023). Penerapan Quantum Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis di Kepas II Sekolah Dasar. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 79-85.

Nurfadillah, L., Santosa, C. A. H. F., & Novaliyosi, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 215-225.

Oktafrizal, O. F., Alim, J. A., & Sekarwinahyu, M. (2025). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SD. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 5(1), 169–183. https://doi.org/10.51878/science.v5i1.4507

Palupi, I. D. R., & Rahayu, T. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dan Teams Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(1), 10–20. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i1.33451

Pamungkas, F. A., Trisiana, A., & Prihastari, D. A. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis matematika materi perkalian peserta didik kelas IV SDN Kestalan No. 05 Surakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 492–499. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3796

Purwanti, S. (2017). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar dengan model Missouri Mathematics Project (MMP). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 253-266.

Risanjani, A. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Matematika Knisley Berbantuan Media Quizwhizzer Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-7.

Suci, R., Firman, F., & Neviyarni, N. (2023). Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pendekatan realistik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2077–2084. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229

Suratno, S., & Kurniati, D. (2017). Implementasi model pembelajaran math-science berbasis performance assessment untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di daerah perkebunan kopi Jember. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/pep.v21i1.11799

Trisnani, N., Retnawati, H., & Wuryandani, W. (2024). Challenges of Indonesian elementary school mathematics teachers in integrating critical thinking into the classroom. Journal on Mathematics Education, 15(3), 905–924. https://doi.org/10.22342/jme.v15i3.pp905-924

Udin By Arifin, M. B., & Nur Laili, D. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 4 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1031–1042. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5877

Utami, S. P., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2023). Penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD. Tunas: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 101–110. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3685

Vedriati, T. V., & Krisma Widi Wardani. (2023). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SD NEGERI SECANG 1. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 397–405. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1935

Widana, I. W., & Widyastiti, N. M. R. (2023). Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Journal of Education Action Research, 7(2), 176–184. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.59337

Widiana, A. N., Sintawati, M., & Abdurrahman, G. (2023). The Effectiveness of Realistic Mathematics Education on Learning Outcomes and Critical Thinking for Elementary School Students. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education, 2(03), 114–126. https://doi.org/10.56741/ijlree.v2i03.337

Wijayanti, R. R., Relmasira, S. C., & Juneau, J. L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 412. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16159

Yanti, K. (2022). Penerapan Model Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V MI Tumbrep Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 2(2), 43–53. https://doi.org/10.58218/lambda.v2i2.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.