Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Teks Cerita Siswa Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Writing remains a challenge in Indonesian language instruction at the primary school level, particularly regarding the correct use of capital letters and punctuation marks. This study aims to identify the types of capitalization and punctuation errors, as well as the contributing factors, in narrative texts written by third-grade primary school students. The research employed a qualitative content analysis method. Data were collected through observation, interviews, and documentation of students’ written work. The findings reveal frequent errors such as the misuse of capital letters at the beginning of words in the middle of sentences, improper capitalization at the beginning of sentences, and incorrect or missing periods at the end of sentences. Contributing factors include students’ limited understanding of the Indonesian language writing conventions (PUEBI), low learning motivation, lack of writing practice, and unsupportive home environments. One of the primary causes identified is that students tend to focus more on the content of the story rather than on writing rules.
Keterampilan menulis masih menjadi kendala dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, khususnya dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca serta faktor penyebabnya dalam teks cerita siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi tulisan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan umum berupa huruf kapital di awal kata di tengah kalimat, di awal kalimat, dan tanda titik di akhir kalimat masih sering terjadi. Faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut meliputi kurangnya pemahaman siswa terhadap kaidah PUEBI, rendahnya motivasi belajar siswa, kurangnya latihan menulis, serta lingkungan keluarga yang kurang mendukung. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa salah satu penyebab utama terjadinya kesalahan penulisan huruf kapital dan tanda baca adalah karena siswa lebih fokus pada isi cerita daripada kaidah penulisan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press. Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di sekolah dasar. Pernik, 3(1), 35–44. Aqwal, S. M., Nurfadhillah, S., & Nuraeni, Y. (2022). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Siswa Kelas 2 SDN Karawaci 1 Kota Tangerang. Tsaqofah, 2, 326–343. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Ariyanti, R. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Baca, dan Penulisan Kata pada Koran Mercusuar. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(4), 12–28. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta. Chordia, V. (2021). Punktuator: A multilingual punctuation restoration system for spoken and written text. EACL 2021 - 16th Conference of the European Chapter of the Association for Computational Linguistics, Proceedings of the System Demonstrations, 2020, 312–320. https://doi.org/10.18653/v1/2021.eacl-demos.37 Fatimah, F., & As’ ad, A. ad. (2020). Penggunaan Huruf Kapital pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 17 Ciputat. Pujangga: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 6(1), 30–47. Haniifah, A. S., & Rosmi, F. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Teks Narasi melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning ( CTL ) Pada Siswa Kelas 2 . 4 SD Lab School. Jurnal UMJ, 2620–2628. Helaluddin & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik. Banten: Media Karya. Irawan, D., & Oktafiani, E. N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menemukan Informasi Penting dari Sebuah Bacaan Paragraf. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 190–196. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 0424/I/Bs.00.01/2022 Tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Khasanah, R. U., Wiarsih, C., & Ernawati, A. (2021). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital pada Karangan Narasi menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 9(1), 310–318. Magdalena, I., Safitri, D., & Adinda, A. P. (2021). Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 3 pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Roudhotul Jannah Kota Tangerang. Pandawa, 3(2), 386–395. Magdalena, I., Ulfi, N., & Awaliah, S. (2021). Analisis Pentingnya Keterampilan Berbahasa pada Siswa Kelas IV di SDN Gondrong 2. Edisi, 3(2), 243–252. Marcet, A., Moreno, V., Rodríguez-Gonzalo, C., & Perea, M. (2022). The Use of Commas in Secondary-Education Students and Its Relationship with Reading Comprehension: The Case of Spanish. Brain Sciences, 12(11). https://doi.org/10.3390/brainsci12111564 Minarsih, N., Anitra, R., & Mertika, M. (2022). Hubungan Intensitas Membaca dengan Keterampilan Menulis Cerita pada Siswa Kelas IV SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 975–979. Mulyati, S. (2022). Kemampuan Siswa dalam Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca pada Penulisan Karangan Deskripsi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2495–2504. Murtafiah, S. N., & Maknun, L. (2024). Pengaruh Pemakaian Tanda Baca terhadap Intonasi dan Makna Kalimat dalam Membaca Teks Bahasa Indonesia. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(4), 1765–1771. Pamuji, S. S., & Setyami, I. (2021). Keterampilan berbahasa. Yogyakarta: Guepedia. Permatasari, D. D., Satrijono, H., & Kurniasih, F. (2021). Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Menulis Tegak Bersambung Pada Tema 6 SD Negeri Jombang 05 Kabupaten Jember. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 78–93. Rizliana, A. S., & Fauzan, F. (2024). Analisis Kesalahan Huruf Kapital dan Tanda Baca dalam Esai Siswa: Penyebab dan Solusi. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 81–90. Rusanti, R., Fathurohman, I., & Pratiwi, I. A. (2022). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(2). Safitri, A. R. (2025). Analisis Kesalahan Ejaan dan Faktor Penyebab pada Teks Deskripsi Siswa Kelas IX SMP. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 13(1), 1–21. Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: KBM Indonesia. Sari, W. N. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(1), 10–14. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tarigan, H. G. (2018). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Utami, N. S., & Nugroho, A. S. (2023). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital pada Paragraf Deskriptif Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 199–214. Utari, V., & Rambe, R. N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis pada Siswa Kelas Rendah di SD/MI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 361–372. Zebua, T. (2022). Penerapan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Ejaan dan Tanda Baca dalam Menulis Pengalaman Pribadi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 320–325. Zuchdi, D., & Afifah, W. (2021). Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory, dan Hermeneutika Dalam Penelitian. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.