Penggunaan Media Flipgrid dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas XI SMA Mambaul Ulum
Abstract
This research discusses the use of the digital media Flipgrid in improving students' speaking skills in Indonesian language learning, specifically for 11th-grade students at SMA Mambaul Ulum. Flipgrid is a video-based learning media that allows students to record and upload their own videos, as well as interactively respond to each other. The research method used is qualitative with a literature study approach. The research results show that the use of Flipgrid not only enhances fluency and clarity in speaking but also encourages students' confidence, motivation, and active participation. In addition, interaction between teachers and students, as well as among students, increased thanks to the comment and discussion features in the application. Flipgrid also encourages students' creativity in creating video content. Thus, this media has proven to be effective and relevant for application in 21st-century learning to develop speaking skills in a more engaging, flexible, and meaningful way.
Pembelajaran berbicara seringkali mengalami kendala dalam hal partisipasi aktif dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media Flipgrid dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA Mambaul Ulum. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur terhadap berbagai penelitian sebelumnya. Data dianalisis dari temuan empiris yang telah dipublikasikan terkait implementasi Flipgrid dalam pembelajaran berbasis video. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan Flipgrid meningkatkan kefasihan, kejelasan berbicara, serta rasa percaya diri dan motivasi siswa. Interaksi antara guru dan siswa juga meningkat melalui fitur komentar dan umpan balik yang disediakan platform ini. Selain itu, siswa menjadi lebih kreatif dan aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, Flipgrid terbukti efektif sebagai media pembelajaran abad ke-21 dalam pengembangan keterampilan berbicara.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Efifani Krismitha Saroro, & Indah Setyo Wardhani. (2024). Media Pembelajaran Inovatif. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(4), 222–233. https://doi.org/10.55606/cendekia.v4i4.3312
Febriyanti, M., Suhaili, N. W., & Hermawan, J. S. (2024). Analisis Penggunaan Flipgrid Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Peserta Didik Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(6), 8850–8856.
Muhammad Galih Saputro, & Wahyudi, U. M. W. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. In Jurnal Jendela Pendidikan (Vol. 5, Issue 01).
Nakula, J., Ilmu, P., Sosial, I., Akmal, L. Y., Anjelina, R., Alwi, N. A., Kharisma, I., & Padang, U. N. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar berinteraksi secara aktif dengan materi yang diajarkan , sehingga dapat meningkatkan Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap interaktif terhadap. 2024.
Nurhidayati, V. N., Fitra Ramadani, Fika Melisa, & Desi Armi Eka Putri. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Siswa. Jurnal Binagogik, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.428
Phroshak, K. T. P., Dewi, P. K., & Rahmiyati, I. N. (2023). Flipgrid Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengoptimalan Keterampilan Berpidato Persuasif Siswa Smp. Hasta Wiyata, 6(2), 218–234. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2023.006.02.09
Salsabila Dwi Karna, Adrias Adrias, & Aissy Putri Zulkarnaini. (2025). Efektivitas dan Tantangan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 319–325. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3840
Vurdien, R. (2023). Flipgrid: A Scaffold to Enhance Speaking Skills. Language Education and Technology, 3(2), 121–136. https://www.langedutech.com/letjournal/index.php/let/article/view/54%0Ahttp://www.langedutech.com/letjournal/index.php/let/article/view/54%0Ahttp://www.langedutech.com/letjournal/index.php/let/article/download/54/45
Febriyanti, M. T, Suhaili,(2024). Analisis Penggunaan Flipgrid Sebagai Media Pembelajaran Bebasis Vidio dalam Kemampuan Berpicara Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative; Jurnal Of Sosial Science Research, 4(6),8850-8856.
Ningsih, K. 2021. Pemanfaatan Media Pesan Suara untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris di Masa Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademic, 4(8), 1184-1186.
Phroshak,K.T.P. (2023). Flip Grid Sebagai Media Pembelajaran dan Pengoptimalan Keterampilan Berpidato Prsuasif Siswa SMP.jurnal Hasta Wijaya, 6(2), 218-234.
S. Suttrino, Ide Guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru,2018- Jurnal dikpora. JogjaProv,Go,Id.
Sriwidayah. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Unsur Intrinsik Cerita di Kelas VI SDN Jogosatru. DJIWA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 1(1): 84-91. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/14490.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Krippendorff, K. (2018). Content analysis: An introduction to its methodology (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Refbacks
- There are currently no refbacks.