Pengaruh Konseling Kelompok terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa di Kelas X Perbankan SMK Pondok Pesantren Abu Manshur Cirebon

Mahmudah Mahmudah, Dewi Apriliani, Elin Maulida Rahmawati, Lela Nurlaila, Aep Saepuloh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa kelas X Perbankan di SMK Pondok Pesantren Abu Manshur. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test post-test. Sampel terdiri dari 8 siswa yang dipilih secara purposive dan dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik diskusi. Uji normalitas menunjukkan bahwa data dari kedua kelompok berdistribusi normal, dengan nilai signifikansi Shapiro-Wilk masing-masing sebesar 0,900 (kontrol) dan 0,532 (eksperimen). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol, namun peningkatan pada kelompok eksperimen lebih signifikan. Skor rata-rata pretest pada kelompok eksperimen adalah 66,5 meningkat menjadi 95 pada posttest. Hasil ini menunjukkan bahwa konseling kelompok efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Keywords

Keterampilan Sosial, Konseling Kelompok

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.