Implementasi Model Cooperatif Learning Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Arcawinangun Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Kegiatan belajar mengajar dapat terlaksana dengan efektif apabila guru mempunyai perencanaan pembelajaran secara tepat dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur pengimplementasian model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam mengembangkan kemampuan kerja sama dan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di kelas V. PTK kolaboratif ini dijalankan melalui dua siklus dan mengikut sertakan guru dan siswa kelas V sebagai subjek penelitian serta data yang dikumpulkan mencakup data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik observasi dan tes. Validitas data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan memakai tingkatan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan kenaikan pada aspek kerja sama dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Persentase kerja sama siswa meningkat dari 76,22% pada siklus I menjadi 86,06% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa juga meningkat dari 75% ketuntasan pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Hal ini menghasilkan kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing efektif dalam meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.