Peningkatan Profil Pelajar Pancasila: Gotong Royong melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Kelas 3 SD Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Fera Indriyansyah, Arifin Suryo Nugroho, Tessari Inayah

Abstract

Kemendikbudristek Republik Indonesia menyatakan bahwa tujuan dari pendidikan saat ini yaitu untuk membentuk karakter peserta didik menjadi pelajar Pancasila khususnya gotong royong. Tujuan penelitian ini ialah meningkatkan profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model PjBL. Metode yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian kelas 3D SD Al Irsyad 01 Purwokerto sebanyak 25 peserta didik.  Data dan sumber data dalam penelitian berupa dekripsi data dan hasil observasi dimensi gotong royong dari peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan, siklus 1 mendapatkan persentase keberhasilan sebesar 78.00% dan siklus 2 sebesar 86.67%. Peningkatan persentase keberhasilan dalam penellitian ini sebesar 8.67%. Penerapan model PjBL dapat meningkatkan profil pelajar Pancasila dimensi gotong royong pada mata pelajaran pendidikan Pancasila kelas 3 SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Hasil penerapan model PjBL didapati bahwa dimensi gotong royong peserta didik mengalami peningkatan, peserta didik menjadi lebih aktif dan bersemangat, menghargai pendapat satu sama lainnya.

Keywords

Pendidikan Pancasila, Project Based Learning, Gotong Royong.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.