Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dengan Sentuhan Budaya untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas V

Aulia Latifah, Agung Nugroho, Ratih Febrianti

Abstract

Hasil Sumatif Tengah Semester Pendidikan Pancasila menyatakan 53,33% peserta didik tidak memenuhi KKTP dan kreativitas peserta didik tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dengan penerapan model Project Based Learning dengan sentuhan budaya. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan teknik tes (rubrik penilaian kreativitas) dan non-tes (observasi, wawancara, dan analisis dokumen). Analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan hasil penerapan model PjBL dengan sentuhan budaya sebesar 95.55% pada guru dan 94,24% pada peserta didik, menunjukkan guru sudah mampu melaksanakan model tersebut dengan sangat baik dan peserta didik berperan aktif saat pembelajaran. Hasil kreativitas peserta didik menunjukkan peningkatan secara signifikan selama penelitian yaitu pada siklus I 78,67%, II 85,77%, dan III 91,15%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Project Based Learning dengan sentuhan budaya dapat meningkatkan kreativitas peserta didik.

Keywords

project based learning, sentuhan budaya, kreativitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.