Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Smartbox Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD
Abstract
Minimnya penerapan strategi pembelajaran interaktif dalam pembelajaran IPAS berdampak pada rendahnya hasil belajar kognitif. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan langkah yang diperlukan untuk menerapkan model PBL dengan media smartbox berbasis digital guna meningkatkan hasil belajar IPAS, serta hambatan dan solusinya. Penelitian tindakan (PTK) ini melibatkan guru dan siswa di kelas IV SD Negeri 1 Sokanegara. Data yang digunakan terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan langkah orientasi masalah, mengorganisasikan siswa, penyelidikan kelompok, menyajikan hasil, dan mengevaluasi yang diintergasikan dengan media smartbox berbasis digital menyatakan persentase ketuntasan penilaian ranah kognitif siklus I=75,76, siklus II=81,82, dan siklus III=90,91. Kendala dan solusi penelitian yakni siswa yang belum berani mengemukakan pendapat sehingga perlu pemberian stimulus dan motivasi. Penelitian memperoleh kesimpulan bahwa penerapan model PBL dengan media smartbox berbasis digital dapat meningkatkan hasil belajar IPAS.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.