Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Akreditasi di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Kepala sekolah memiliki peran sentral sebagai kepala institusi yang tidak hanya menjalankan fungsi sebagai administrator namun juga menjadi agen perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui akreditasi di SMPN 6 Tana Tidung. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan jenis penelitian berupa penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini data didapatkan melalui teknik wawancara secara mendalam, observasi partisipatif dan analisis dokumen dengan melibatkan kepala sekolah, guru, dan staf pendudung. Hasil penelitian menunjukkan jika di SMPN 6 Tana Tidung kepala sekolah berhasil menerapkan empat dimensi kepemimpinan transformasional, yaitu pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, dan perhatian individual, sehingga meningkatkan profesionalisme guru, kualitas pembelajaran, dan pemenuhan standar nasional pendidikan. Dari penerapan kepemimpinan transformasional, ditemui tantangan utama meliputi keterbatasan sumber daya, resistensi terhadap perubahan, dan beban administrasi. Adapun solusi yang ditawarkan yaitu evaluasi mutu berkala, keterlibatan pemangku kepentingan, dan pelatihan guru dijalankan untuk mengatasi hambatan tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan kepemimpinan transformasional memiliki peran penting dalam mendukung mutu pendidikan dan hasil akreditasi secara berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.