Strategi Peningkatan Empat Komponen Layanan Kinerja dalam Mencapai Akreditasi A

Ike Winartiningsih, Raden Bambang Sumarsono

Abstract

Penelitian ini mengungkap strategi SMK dalam meraih akreditasi A melalui peningkatan empat komponen layanan kinerja dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Data dikumpulkan dari 5 informan (kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah sarana dan prasarana, guru anggota tim akreditasi,  satu peserta didik lulusan tahun terakhir) melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan strategi mencakup: (1) peningkatan budaya kinerja pendidik, (2) penguatan kepemimpinan kepala sekolah, (3) perbaikan lingkungan belajar, dan (4) peningkatan kompetensi lulusan. Kontribusi orisinal artikel ini terletak pada identifikasi pendekatan terintegrasi dan berkelanjutan sebagai kunci keberhasilan akreditasi A. Simpulan penelitian menegaskan bahwa peningkatan layanan kinerja secara terpadu menjadi faktor utama pencapaian akreditasi unggul.

Keywords

akreditasi sekolah, SMK, layanan kinerja, pendekatan terintegrasi, peningkatan mutu pendidikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.