Peran Program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Indonesia terhadap Keberlanjutan Usaha Bara Gold and Silver Jewelry
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Indonesia melalui pemberian bantuan modal usaha dan pendampingan terhadap keberlangsungan usaha Bara Gold and Silver Jewelry di Desa Celuk, Gianyar. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pemilik dan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR Bank Indonesia tidak hanya meningkatkan daya saing, tetapi juga berfungsi sebagai katalis ekonom yang membantu Bara Gold and Silver Jewelry beradaptasi dengan dinamika pasar. Hal ini diketahui melalui pelaporan wajib UMKM binaan melalui SIKEPANG untuk melaporkan perkembangan bisnis dan partisipasi dalam komunitas sosial untuk memperkuat kemandirian usaha. Temuan ini menegaskan CSR Bank Indonesia merupakan strategi ekonomi vital yang mendukung keberlanjutan UMKM. Dengan demikian, keberadaan penelitian ini memberikan pedoman bagi pengembangan program CSR yang lebih efektif dan berdampak luas, khususnya di sektor kerajinan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.