A Review of English Needs for Attraction Actors at Bara Beach (ETP Case Study)

Muh Yahya, Muh. Nur Rahmat Yasim

Abstract

Sektor pariwisata semakin berkembang dan menghadapi tantangan terutama dalam komunikasi guna menunjang Peningkatan citra dan reputasi wisata kepada wisatawan asing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan pembelajar bahasa Inggris di sektor pariwisata dan tantangan yang dihadapi oleh pekerja di sektor pariwisata khususnya di Pantai Bara Kabupaten Bulukumba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-kuantitatif. Sumber data penelitian ini yaitu pemandu wisata, staf hotel, pengusaha lokal, dan penyedia layanan lainnya. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Data dianalisis dengan dua prosedur yakni secara kualitatif untuk menghitung skala kuesioner, serta menggunakan tiga tahap (transkripsi, pengkodean, dan interpretasi) untuk menganalisis data wawancara. Temuan ini menjelaskan bahwa kebutuhan keterampilan komunikasi lisan berbahasa Inggris bagi pelaku daya tarik wisata di Pantai Bara sangat dibutuhkan guna memberikan dampak positif terhadap citra dan reputasi Pantai Bara sebagai destinasi wisata. Kelancaran, intonasi yang tepat, dan pengucapan berbahasa Inggris lisan yang jelas sangat penting untuk interaksi tatap muka dengan wisatawan mancanegara terutama tentang akomodasi, transportasi, kuliner, dan daya tarik wisata lokal sangat penting. Tantangan yang dihadapi pekerja di sektor pariwisata di tempat kerja mereka perlu menguasai kosakata khusus pekerjaan yang terkait dengan perhotelan, pengaturan perjalanan, dan atraksi lokal harus mengembangkan kefasihan percakapan yang kuat untuk menangani berbagai situasi, mulai dari obrolan ringan hingga menyelesaikan masalah pelanggan yang rumit.

Keywords

Daya Tarik, Aktor Daya Tarik, Kebutuhan Bahasa, Turis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.