Analisis Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran IPAS Di SD Negeri 3 Getas

Widya Susanti, Widia Darma, Dwi Maryani Rispatiningsih

Abstract

Perbedaan karakteristik peserta didik mendorong guru untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guna mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Getas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, dampak, dan hambatan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS di kelas VI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dampak pembelajaran berdiferensiasi yaitu meningkatkan keaktifan, kreativitas, dan hasil belajar peserta didik. Hambatan yang dihadapi yaitu guru keterbatasan waktu dalam membuat bahan ajar bervariasi dan keterbatasan sarana prasarana dalam proses pembelajaran berbasis teknologi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar peserta didik, meskipun masih terdapat hambatan dalam penerapannya.

Keywords

Implementasi, IPAS, Pembelajaran berdiferensiasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.