Analisis Peran Sekolah dalam Perlindungan Hak Anak di Sekolah Dasar
Abstract
Perlindungan hak anak di sekolah merupakan hal yang sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran sekolah dalam melindungi hak anak di SD Negeri 6 Arjawinangun, dengan fokus pada kebijakan sekolah, sikap dan perilaku pendidik, program-program yang dijalankan, serta persepsi siswa terhadap rasa aman dan penghargaan atas hak-hak mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang bagaimana prinsip perlindungan hak anak diterapkan di sekolah dasar. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi terhadap berbagai kebijakan dan program sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 6 Arjawinangun telah mengimplementasikan berbagai kebijakan dan program yang mendukung perlindungan hak anak, seperti pembentukan Tim Perlindungan Anak dan pelatihan untuk guru. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan pelatihan guru dalam perlindungan anak, kurangnya partisipasi orang tua, dan rendahnya sistem pelaporan kasus pelanggaran hak anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun ada komitmen yang kuat dari pihak sekolah, upaya lebih lanjut dibutuhkan untuk mengatasi tantangan tersebut dan memastikan perlindungan hak anak di sekolah lebih efektif dan berkelanjutan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.