Pengaruh E-LKPD PjBL Terintegrasi Pendekatan Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa SD Gugus V Kota Bengkulu
Abstract
E-LKPD model PjBL terintegrasi pendekatan berdiferensiasi dapat menjadi salah satu komponen pendukung untuk pembentukan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh E-LKPD berbasis PjBL terintegrasi pendekatan berdiferensiasi pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Gugus V Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 74,77 dan kelas kontrol sebesar 54,45 sehingga rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol (74,77 > 54,45). Hasil tersebut ditunjukkan dari nilai distribusi tabel berdasarkan df = 42 dengan derajat signifikansi 5% (𝒂) =1,682. Sehingga nilai thitung > ttabel (3,658 > 1,682) dan sig.(2-tailed) = 0,001 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh E-LKPD berbasis PjBL terintegrasi pendekatan berdiferensisasi pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD gugus V Kota Bengkulu.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.