Profil Pemasaran Pariwisata di Kawasan Bahari: Studi Kasus Akomodasi Restoran

Murdiani Sukarana, Sudarmi Sudarmi, Muhammad Anas

Abstract

Penurunan kunjungan wisatawan dan dampak ekonomi negatif memerlukan strategi pemasaran yang efektif oleh industri perhotelan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pemasaran dari dua restoran pada destinasi bahari utama di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan purposive sampling yaitu Bira dan Mandalika. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, tinjauan pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa restoran di Bira mengandalkan fitur unik, tetapi strategi pemasaran mereka kurang melibatkan kemitraan lokal. Sementara, di Mandalika, restoran lebih banyak menargetkan wisatawan kelas atas dengan fasilitas mewah dan promosi khusus. Strategi pemasaran yang terintegrasi dan berbasis kemitraan lokal di Mandalika terbukti lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan yang lebih terbatas di Bira. Oleh karena itu, dalam bidang pemasaran perlu adanya strategi yang tepat dengan memanfaatkan keunikan dan melibatkan kemitraan lokal serta mengeksplorasi kombinasi strategi ini untuk meningkatkan daya tarik dan efektivitas pemasaran di sektor perhotelan dan restoran.

Keywords

Strategi Pemasaran, Akomodasi Restoran, Kawasan Bahari, Destinasi Pariwisata

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.