STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Mona Fenita Riyanto, Soeyono Soeyono, Henny Ekana Chrisnawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan TPS terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari minat belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode angket, dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan 3 x 3 sel tak sama.

Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI sama baiknya dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan sama baiknya dengan model pembelajaran langsung dalam membelajarkan, dan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki prestasi belajar sedang, dan prestasi belajar siswa yang memiliki minat belajar sedang lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki minat belajar rendah

Keywords

Minat belajar siswa, TAI, TPS, Sistem Persamaan linear dua variabel

Full Text:

PDF

References

Anita Lie. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Ruseffendi, E.T. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

W S Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedisa Widiasarana Indonesia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.