Author Guidelines
Petunjuk bagi Penulis Naskah di Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika SOLUSI
https://jurnal.uns.ac.id/JMMS
Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sebelas Maret.
- Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian, skripsi mahasiswa, dan gagasam kritis di bidang pendidikan matematika dan pembelajarannya. Naskah ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1 pada kertas kuarto (A4) sepanjang antara 10 - 15 halaman. Bata atas : 4 cm, batas kiri : 4 cm, batas kanan: 3 cm, batas bawah : 3 cm.
- Artikel dikirim dalam bentuk print out sebanyak 1 eksemplar serta diwajibkan untuk menyerahkan file softcopy dalam CD dengan format Microsoft Word 2003 atau 2007 (.doc / .docx ) dan PDF.
- Artikel ditulis dalam bentuk dua kolom kecuali pada halaman yang memuat judul dan abstrak serta halaman yang memuat tabel atau gambar. Pada masing masing disertai subjudul. kecuali bagian pendahuluan disajikan tanpa subjudul.
- Sistematika Penulisan :
- a. Judul, Tidak boleh lebih dari 16 kata (termasuk dengan subjudul) dan ditulis di tengah tengah dengan menggunakan huruf kapital dan dicetak tebal ( termasuk kata sambung). Istilah dalam bahasa inggris / bahasa asing lain ditulis miring.
- b. Nama Penulis, ditulis di tengah tengah sesuai dengan urutan nama asli (tanpa dibalik dan juga tanpa garis bawah ) dan tanpa gelar . Urutan penulisan dari kiri ke kanan menunjukkan tingkatan penulis yaitu, penulis 1, penulis 2, penulis 3, dst. Bila artikel merupakan hasil skripsi mahasiswa maka mahasiswa sebagai penulis 1, dosen pembimbing 1 dan 2 masing – masing sebagai penulis 1 dan 2. Penulisan nama penulis masing masing diikuti dengan tanda angka 1), 2),3),dst sebagai penanda untuk alamat korespondensi yang bersangkutan.
Affiliasi penulis ditulis dibawah nama penulis dan didahului dengan kode angka yang menunjukkan penulis yang bersangkutan.
Alamat Korespondensi, berisi alamat surat, no.telp./HP dan Email yang masih aktif, ditulis dengan ukuran 10, di bawah status penulis dan didahului dengan kode angka yang menunjukkan penulis yang bersangkutan.
Contoh :
Nora Faradila 1), Imam Sujadi 2), Yemmy Kuswardi 3)
1, 2),3) Dosen Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, UNS
Alamat Korespondensi :
1) Alamat, No. Telp, Email (Font ukuran 10)
2) Alamat, No. Telp, Emai (Font ukuran 10)
3) Alamat, No. Telp, Email (Font ukuran 10)
- Abstrak (Abstract ). Abstrak ditulis dalam bahasa indonesia atau bahasa inggris antara 100 - 150 kata. Tulisan ‘’ abstrak” ditulis dengan menggunakan huruf kapital,tebal tidak miring dan ditempatkan di tengah tengah :
ABSTRAK
Di akhir abstrak diberikan Kata Kunci ( atau Key Words , bila abstrak ditulis dalam bahasa inggris). Kata kunci dicantumkan antara 4 sampai 5 kata dan tidak ditulis miring.
Kata Kunci : xxxx, xxxx, xxxx, xxxx
Key Words : xxxx, xxxx, xxxx, xxxx
- Urutan Penulisan : berikut urutan penulisan artikel dalam jurnal pendidikan matematika solusi
5.1. Artikel hasil penelitian dan skripsi yang memuat proses penelitian
- a. Pendahuluan
Kata “ pendahuluan” ditulis dengan huruf kapital tebal : PENDAHULUAN dan tanpa diberi nomor urut. Pendahuluan (tanpa subjudul) yang isinya memuat latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian dan kajian teori yang ditulis tanpa subjudul.
- b. Metode Penelitian
Kata “ Metode Penelitian” ditulis dengan huruf kapital tebal : METODE PENELITIAN dan tanpa diberi nomor urut.
- c. Hasil dan Pembahasan
Kata “ Hasil dan Pembahasan” ditulis dengan huruf kapital tebal : HASIL DAN PEMBAHASAN dan tanpa diberi nomor urut.
- d. Kesimpulan dan Saran
Kata “ Kesimpulan dan Saran” ditulis dengan huruf kapital tebal : KESIMPULAN DAN SARAN dan ditulis tanpa nomor urut.
- e. Ucapan Terima Kasih ( bila perlu)
Kata “ Ucapan Terima Kasih “ ditulis dengan huruf kapital tebal : UCAPAN TERIMA KASIH dan tanpa diberi nomor urut.
- f. Daftar Pustaka
Kata “ Daftar Pustaka” ditulis dengan huruf kapital tebal : DAFTAR PUSTAKA dan tanpa diberi nomor urut. Dalam daftar pustaka ini hanya memuat sumber sumber yang dirujuk di dalam uraian artikel saja.
5.2. Artikel hasil gagasan kritis atau artikel yang bukan hasil penelitian, ditulis dengan sistematika sebagai berikut :
- a. Pendahuluan (tanpa subjudul)
Detail penjelasan sama pada butir 5.1.
- b. Sub – Sub Judul, sesuai dengan kebutuhan
Berisi tentang pembahasan atau permasalahan yang jumlahnya sesuai dengan pokok kajian. Setiap nama sub judul ditulis dalam huruf kapital besar dan tanpa diberi nomor urut.
- c. Penutup
Kata “Penutup” ditulis dalam huruf kapital besar : PENUTUP dan tanpa diberi nomor urut. Penutup memuat kesimpulan, saran dan hal lain yang dianggap perlu oleh penulis.
- d. Daftar Pustaka
Detail penjelasan sama pada butir 5.1.
- Awal paragraf baru ditulis menjorok kedalam sepanjang 6 spasi dari batas kiri dan tanpa diberi tambahan spasi enter dari paragraf sebelumnya.
- Sumber rujukan yang ditampilkan sedapat mungkin merupakan pustaka terbitan 10 tahun terakhir
- Daftar pustaka ditulis dengan contoh seperti berikut ini dan disusun berdasarkan urutan alfabetis dan kronologis. Nama penulis ditulis terbalik dengan urutan nama keluarga / kedua terlebih dahulu kemudian nama pertama yang disingkat huruf depannya saja. Antara dua referensi diberi jarak spasi 1.
Buku :
[1] Alders, C.J.(1961). Ilmu Ukur Ruang. Jakarta : Noor Komala.
[2] Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta : P.T. Rineka Cipta.
[3] Winkel, W.S.(1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta : P.T. Grasindo.
Buku Terjemahan ( memuat penerjemahnya)
[1] Bennet, N. ; Wood, L.; & Rogers, S.(2005). Mengajar Lewat Permainan; Pemikiran Para Guru dan Praktik di Kelas ( Terjemahan oleh Frans Kowa). Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Buku Kumpulan Artikel
[1] Adey, P. & Shayer, M.(2002). Cognitive Acceleration Comes of Age, dalam Shayer, M. & Adey, P. (Ed.). Learning Inteligence : Cognitive Acceleration Across the Curriculum. Ballmore, Bucks : Open University Press.
Artikel dalam jurnal atau majalah
[1] Usodo, B.(2010).Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. SAINMAT,1(15), 19 – 40
Sumber yang diunduh dari internet
[1] Sonhadji, A. (2005). “Alternatif Penyempurnaan Pembaharuan Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Mengengah Kejuruan”, dalam http:/www.depdiknas.go.id/sikep/ Issue/SENTRA1/F18.html, diakses 8 Februari 2005.
- Dalam merujuk daftar pustaka di uraian penulisan cukup menuliskan nomor urut dari rujukan yang ada di daftar pustaka dan diletakkan dibelakang setelah kalimat yang merupakan kalimat hasil rujukan, sebagai contoh :
- a. Kalimat rujukan langsung
xxxxxxxxxxxxxx [4].
xxxxxxxxxxxxxx [3]
- b. Pernyataan/ pendapat yang diambil sebagai dasar
Berdasarkan penjelasan tentang xxxxx dalam [2]
Berdasarkan penjelasan tentang xxxx yang ada di dalam [4]
- Redaksi Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika SOLUSI :
Ruang Dosen Lantai 1 Gedung D, F.KIP, UNS
Jalan Ir. Sutami No 36 A Kentingan Surakarta
- Penulis dapat melakukan submit artikel lewat proses online submission lewat alamat:
https://jurnal.uns.ac.id/JMMS
- Redaksi berhak langsung mengembalikan artikel kepada penulis yang bersangkutan apabila penulisan artikel tidak sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika SOLUSI.
- Sebelum proses review dan editing lebih lanjut, artikel yang telah sesuai dengan format jurnal, akan dilakukan proses uji similiaritas dengan menggunakan softwre uji similiaritas, bila tidak lolos, artikel juga akan langsung dikembalikan kepada penulis tanpa dilakukan proses editing dan review