Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap konsentrasi belajar siswa MPLB SMK Negeri 1 Karanganyar

Angginu Pitasari, Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk 1) pengaruh motivasi belajar terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI dan XII MPLB di SMK Negeri 1 Karanganyar, 2) pengaruh lingkungan belajar terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI dan XII MPLB di SMK Negeri 1 Karanganyar, dan 3) pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap konsentrasi belajar siswa kelas XI dan XII MPLB di SMK Negeri 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif deskriptif. Adapun populasi siswa kelas XI dan XII program studi Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis dengan jumlah siswa 141. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap konsentrasi belajar dibuktikan dengan nilai t  hitung 0,061 <  nilai t tabel1,983. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap konsentrasi belajar dibuktikan dengan nilai t hitung 2,998 > nilai t tabel 1,983. 3) Terdapat pengaruh signifikan dari motivasi belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap konsentrasi belajar dibuktikan dengan nilai F hitung 6,421 >  nilai F tabel3,09. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap konsentrasi belajar sebasar 38,9 % dan 61,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata kunci : dukungan; fasilitas; fokus;  perhatian

Abstract: This study aims to 1) the effect of learning motivation on the concentration of learning of students in grades XI and XII MPLB at SMK Negeri 1 Karanganyar, 2) the effect of the learning environment on the concentration of learning of students in grades XI and XII MPLB at SMK Negeri 1 Karanganyar, and 3) the effect of learning motivation and learning environment together on the concentration of learning of students in grades XI and XII MPLB at SMK Negeri 1 Karanganyar. This research is descriptive quantitative descriptive. The population of students in grades XI and XII of the Office Management and Business Services study program with a total of 141 students. The results showed that 1) There is no positive and significant effect of learning motivation on learning concentration t count 0.061 < t table 1.983. 2) There is a positive and significant effect of learning environment on learning concentration tcount 2.998 > t table 1.983. 3) There is a significant influence of learning motivation and learning environment together on learning concentration Fcount 6,421 > Ftable 3,09. The results showed that learning motivation and learning environment affect learning concentration as much as 38.9% and 61.1% is influenced by other variables

Keywords : support; facilities; focus; attention


 

Keywords

dukungan; fasilitas; fokus; perhatian; support; facilities; focus; attention

Full Text:

PDF

References

Afifah, S. (2019). Pengaruh kejenuhan belajar dan interaksi sosial terhadap konsentrasi belajar siswa dengan sistem pesantren modern. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 527–532. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4827

Ananda, R. (2020). Variabel belajar (kompilasi Konsep). Pusdikra MJ.

Aubryla, H., & Ratnawati, V. (2023). Strategi mengelola penggunaan tiktok agar tidak mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Ke-6, 611–621. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Evriantara, M. A. (2022, November). Pengaruh lingkungan belajar terhadap konsentrasi belajar mahasiswa sekolah tinggi teologi EFATA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8 (21), 1-7. https://doi.org/10.5281/zenodo.7272683

Hadijah, S. (2018, August 28). Pengaruh motivasi dan dosen terhadap keputusan pemilihan konsentrasi pada program studi akuntansi (studi kasus pada mahasiswa akuntansi Universitas Sulawesi Barat). https://doi.org/10.31219/osf.io/u4rnw

Haslianti, H. (2019). Pengaruh kebisingan dan motivasi belajar terhadap konsentrasi belajar pada siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 608–614. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4839

Mustofa, W., (2015). Pengaruh suasana belajar dan motivasi belajar terhadap intensitas belajar serta dampaknya pada prestasi belajar matematika. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mustofa, Z., Ulya, I. L., Muqorrobbin, Z., Pangestu, R. T., Rochim, R. L., & Prayitno, M. A. (2023). Strategi peningkatan konsentrasi belajar siswa dalam memahami materi pembelajaran sejarah kebudayaan islam (ski). Damhil Education Journal, 3(1), 19–35. https://doi.org/10.37905/dej.v3i1.1755

Novianti, R., Misdar, M., & Adib, H. S. (2019). Pengaruh lingkungan belajar terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di man 2 palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1-20. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3010

Aini, A.N. (2023). Hubungan motivasi belajar dengan tingkat konsentrasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Kumpulan abstrak hasil penelitian Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Pourbagher, S., Azemati, H. R., & Pour, B.S.S. (2021). Classroom wall color: a multiple variance analysis on social stress and concentration in learning environments. International Journal of Educational Management, 35(1), 189–200. https://doi.org/10.1108/IJEM-06-2020-0282

Siagian, S. P., & Luthan, F. (1989). Teori-teori motivasi. Bina Aksara

Simorangkir, D. S., & Napitupulu, E. (2022). Pengaruh konsentrasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Formosa Journal of Science and Technology, 1(6), 711–722. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i6.1597

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.