Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran)?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

 

 Pedoman Penulis Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran  (JIKAP)

Pedoman penulisan 

Para penulis yang ingin mengirimkan artikel ke JIKAP mohon mengikuti pedoman penulisan  artikel, pastikan bahwa Anda mengikuti dan memahami pedoman penulisan Scope dan fokus. 

Biaya Publikasi

Tidak ada biaya publikasi pada artikel yang diterima di JIKAP baik saat penyerahan naskah maupun setelah naskah diterima.

Biaya dikenakan jika (para) penulis meminta edisi cetak dengan biaya Rp.250.000,00 ditambah biaya pengiriman. Untuk ongkos kirim Rp30.000,00 (Pulau Jawa) atau Rp50.000,00 (Luar Pulau Jawa).

Registrasi

Untuk mengirimkan artikel ke JIKAP, Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebagai Penulis.  Saat mendaftar, Anda perlu mencentang kotak "Penulis", jika tidak dicentang Anda hanya akan  terdaftar sebagai Pembaca dan Anda tidak akan ada opsi "Pengiriman Baru" saat Anda masuk di sistem.

Keaslian dan jumlah kata

Panjang artikel di JIKAP adalah antara 3000 hingga 6000 kata, termasuk abstrak (hanya  bahasa Inggris), angka, tabel dan referensi. Artikel yang diajukan ke JIKAP harus belum  pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan di jurnal lain atau dalam proses  konferensi. 

Pengaturan manuscript 

Naskah harus diserahkan dalam bahasa Indonesia, menggunakan ejaan dan tanda baca sesuai  dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) atau bisa dilihat 

https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Kutipan dan referensi dalam teks harus sesuai dengan edisi  terbaru dari Manual Publikasi American Psychological Association (APA style manual) bisa  dilihat di https://apastyle.apa.org

Jenis file

Format file yang digunakan di JIKAP adalah Microsoft Word. Format lain  seperti file PDF dan zip mungkin dapat diterima jika sebelumnya telah  berkonsultasi dengan editor.  

Pengaturan 

halaman

Ukuran kertas A4 dengan ukuran margin: Top: 3.0 cm Bottom: 3.0 cm

 

 

 

Orientasi : Portrait (bukan landscape) Left: 3.0 cm Right: 3.0 cm

 

Tubuh artikel dibuat satu kolom.

Judul

Arial 14 point bold diikuti dengan dua baris kosong 10 point. Jumlah kata maksimal 15 kata.

Nama penulis  dan afiliasi 

institusi

Nama penulis (tanpa gelar akademik), dan alamat e-mail. Identitas artikel  ditulis italic (miring) dengan ukuran font times new roman 10 poin.

Abstrak

Kata abstrak diketik rata tengah dan tebal. Abstrak tidak boleh melebihi  200 kata. Gunakan Times New Roman 10 poin, tanpa inden, lurus kiri dan  kanan, miring, jarak baris 1. Jangan gunakan heading untuk abstrak atau  heading dalam abstrak. Tempatkan satu baris kosong sebelum dan sesudah.

Absrtak berisi tentang: tujuan penelitian, metodologi penelitian, hasil  temuan, dan saran (jika ada).

Keywords

Setelah baris kosong baris terakhir kalimat dalam abstrak, diketik  Keywords dalam huruf kecil semua, miring, dan tebal. Jumlah kata tidak  lebih dari 5 kata kunci.

Catatan: harap tidak menyertakan nama pendidikan tinggi atau nama  sekolah dalam Keywords. Dianjurkan untuk memasukkan pendekatan atau  metode penelitian yang digunakan pada Keywords (mis., Kualitatif,  etnografi, studi kasus, kuantitatif, survei).

Headings

Harap gunakan tidak lebih dari 3 tingkatan headings dan diterapkan secara  konsisten.

• Tingkat pertama. arial 12 poin tebal, rata kiri, huruf  kapital setiap kata, tanpa diikuti oleh satu baris kosong. Tanpa penomoran judul  tingkat pertama.

 

 

 

• Tingkat kedua. Arial 10 poin tebal, rata kiri, huruf  kapital diawal, tanpa diikuti oleh satu baris kosong dan tanpa penomoran judul.

• Tingkat ketiga. Arial 10 poin tidak tebal, rata kiri, huruf  kapital di awal saja, diketik dengan huruf miring, tanpa diikuti oleh  satu baris kosong. Penomoran judul tingkat ketiga tidak disarankan.

Tubuh artikel

• Times New Roman 10 point, jarak baris 1, rata kanan. Satu baris  kosong sebelum headings dan paragraph diketik dalam style text.  • Secara umum isi/tubuh artikel terdiri dari:

• Pendahuluan, berisi tentang permasalahan yang diteliti, ada gap  dengan penelitian sebelumnya, ada keterbaruan, batasan/definisi  variabel, kajian pustaka yang mendukung.

• Metodologi, berisi tentang tahapan penelitian, metode  penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan informasi  lain yang berkaitan dengan prosedur penelitian.

• Hasil dan Pembahasan, berisi tentang temuan penelitian  yang didukung data, pembahasan hasil penelitian dari berbagai  perspektif/sudut pandang/teori/penelitian sejenis.

• Kesimpulan, berisi tentang temuan utama, keterbatasan  penelitian, dan saran (opsi). 

• Daftar Pustaka, mengikuti aturan penulisan di JIKAP

Paragraf

Setiap awal paragraf gunakan indent 5 spasi.

Penekanan 

kata

Jangan gunakan huruf tebal atau garis bawah.

Gunakan italics untuk :

• Kata / istilah/bahasa asing

• Istilah statistik

• Nama varietas, nama spesies 

Jangan gunakan italics untuk:

• Menekankan suatu kata

Huruf besar:

 

 

 

• kata pertama dari sebuah kalimat

• kata pertama setelah titik dua (jika ada kalimat lengkap setelah titik  dua)

• nama bagian naskah

• Program studi di universitas 

Jangan menggunakan huruf besar untuk :

• Menulis judul buku/artikel dalam kalimat.

• Nama variabel

Penggunaan  tanda kutip

Gunakan tanda kutip ganda untuk:

• memperkenalkan kata atau frasa yang digunakan sebagai komentar atau  sebagai ekspresi yang sampaikan (tanda petik hanya pada kata/frasa  pertama kali digunakan)

• Judul artikel atau bab dalam sebuah majalah atau buku ketika judul  disebutkan dalam teks

• Kutipan pendek (maksimal 40 kata) harus menggunakan tanda kutip  ganda.

Untuk kutipan yang lebih panjang (lebih dari 40 kata) gunakan Times New  Roman 10 poin, spasi tunggal, menjorok 1,0 cm ke kiri dan kanan, tidak  dicetak miring, tanpa tanda kutip, dan satu baris kosong sebelum dan  sesudah. Referensi untuk kutipan tersebut dapat dituliskan dalam teks  sebelum kutipan, atau dapat ditambahkan ke akhir kutipan diikuti nomor  halaman. Semua tanda baca harus dimasukkan persis seperti yang muncul  dalam materi yang dikutip.

Jangan gunakan tanda kutip ganda untuk:

• mengawali dan mengakhiri kata atau kalimat yang dicetak miring • memperkenalkan istilah teknis atau kunci

Pemeberian 

nomor urutan

Dalam paragraf, lampirkan huruf kecil dalam tanda kurung untuk  menunjukkan seri jika urutannya penting, yaitu, (a) ... (b) ... (c) ....

Jika urutan sangat penting menggunakan bullets dan numbers.

 

 

Singkatan

Gunakan singkatan yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia,  atau singkatan internasional yang sesuai dengan standar yang digunakan di  APA style

Footnotes

Jangan menggunakan footnotes.

Referensi: 

Dalam kutipan  teks

Masukkan urutan (Nama, tahun) ke dalam teks utama untuk kutipan ke  referensi. Nama mengacu pada nama keluarga penulis dan tahun mengacu  pada tahun publikasi (diikuti nomor halaman untuk kutipan langsung). Jika  mengutip beberapa penulis setiap penulis dibatasi dengan koma dan simbol  &. Frasa et al. berlaku untuk 3 atau lebih penulis setelah kutipan penuh  pertama. Tahun ditulis dalam bentuk lengkap (misal, 1999) dan  ditambahkan huruf kecil merujuk lebih dari satu artikel tahun yang sama  oleh penulis (misal, Jones, 1999a, 1999b). Jika lebih dari satu referensi,  daftar referensi dalam urutan abjad dan pisahkan setiap referensi dengan  titik koma (mis., Jones, 1999a; White & Beckett, 1997). Bila kutipan dari  dokumen sumber disertakan dalam teks, silakan merujuk ke nomor  halaman, seperti dalam Jones (1999a:125).

Contoh:

... bentuk khusus ini (Black & Lines, 1998b) sangat ...

... seperti yang dijelaskan oleh Black dan Lines (1998a) ... ... dan argumen ini (Keystone et al., 2000c) digunakan ...

... melintasi ruang dan waktu (Jones, 1999a; White & Beckett, 1997). ... Davis, Bagozzi, dan Warshaw (1989) menggambarkan ... ... ditentukan oleh keyakinan (Davis, Bagozzi, & Warshaw, 1989).

 

 

Referensi: 

daftar referensi

Dalam daftar referensi (gunakan tingkat pertama) silakan gunakan gaya  yang direkomendasikan dalam edisi terbaru dari manual APA style edisi 7.

Gunakan Times New Roman 10 poin, sejajar kiri, menggantung indentasi 5  karakter/spasi, tidak ada garis kosong di antara setiap referensi.

Jika referensi yang Anda pakai memiliki DOI (digital object identifier)  maka nomor DOI dapat ditambangkan di akhir referensi Anda.

Tabel

Tabel harus dimasukkan dalam badan teks di dekat referensi (bukan di  akhir badan teks).

Beri nomor semua tabel dengan angka Arab sesuai urutan pertama kali  disebutkan dalam teks. Gunakan Times New Roman 10 poin. Letakkan  judul tabel di atas tabel dalam huruf kapital pada huruf pertama saja.

Judul harus singkat tetapi jelas. Setiap kolom harus memiliki judul. Batasi  penggunaan garis dalam: satu di bagian atas, satu setelah judul dan satu  setelah baris terakhir. Semua singkatan dalam tabel harus dijelaskan.

Grafik dan 

gambar

Grafik dan gambar harus dimasukkan dalam badan teks di dekat kalimat  yang menerangkan (bukan di akhir teks).

Beri nomor semua angka dengan angka Arab sesuai urutan dari pertama  dalam teks. Gunakan Times New Roman 12 poin, keterangan diletakkan ini  di bawah gambar.

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih adalah bagian opsional di mana Anda dapat  mengekspresikan penghargaan kepada individu atau organisasi yang telah  mendukung penelitian Anda.

 

 

Download guidelines 

Dowload tempate artikel

Link reviu mandiri: https://forms.gle/JafzQfoto1Ei6xQu7 


 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Publication: 0.00 (IDR)

Article submission and Publication in JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran) is free of charge.

No fees incurred for article processing, submission, neither reviewing the articles.