Pengaruh lingkungan sosial dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi

Lisa Dwi Purnomo Putri, Subroto Rapih

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi; (2) pengaruh prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi; serta (3) pengaruh lingkungan sosial dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 83 siswa kelas XII OTKP SMK Negeri 3 Surakarta. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling berupa proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif signifikan antara lingkungan sosial dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi; (2) terdapat pengaruh positif tidak signifikan antara prestasi belajar dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi; serta (3) terdapat pengaruh positif signifikan antara lingkungan sosial dan prestasi belajar dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

 

Kata kunci : hasil belajar; hasrat melanjutkan studi; hubungan sosial; kuantitatif


Abstract: This study aims to determine: (1) the effect of social environment on interest in continuing studies to college; (2) the effect of learning achievement on interest in continuing studies to college; and (3) the effect of social environment and learning achievement on interest in continuing studies to college. This research is a quantitative research. The sample used was 83 students of class XII OTKP SMK Negeri 3 Surakarta The sampling technique was carried out by probability sampling in the form of proportional random sampling. Data collection techniques using questionnaires and documentation. The results shows that (1) there is a significant positive influence between social environment and interest in continuing studies to college; (2) there is a positive no significant influence between learning achievement and interest in continuing studies to college; and (3) there is a significant positive influence between social environment and learning achievement with interest in continuing studies to college.

 

Keywords : learning outcomes; desire to continue studies; social relationships; quantitative

Keywords

hasil belajar; hasrat melanjutkan studi; hubungan sosial; kuantitatif; learning outcomes; desire to continue studies; social relationships; quantitative

Full Text:

PDF

References

Ariyani, N. L., Winokan, A., & Tiwow, G. M. (2021). Pengaruh pendapatan orang tua dan lingkungan sosial terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi SMA Swadharma Mopugad. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jpe-unima/article/view/1617/1438

Bhukya, R., & Paul, J. (2023). Social influence research in consumer behavior: what we learned and what we need to learn? – a hybrid systematic literature review. Journal of Business Research, 162(March), 113870. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2023.113870

Haq, M. A., & Setiyani, R. (2016). Pengaruh prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua dan self efficacy terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa IPS. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 1034–1045.

Harefa, D. (2020). Peningkatan prestasi belajar ipa siswa pada model pembelajaran learning cycle dengan materi energi dan perubahannya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(01), 25. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.882

Harisnawati, H., Rahayu, S., & Sumarni, R. (2020). Analysis of factor causing the low interest of student continuing education at SMAN 1 IV Koto Aur Malintang West Sumatra. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 8(1), 8–12. https://doi.org/10.22202/mamangan.v8i1.4156

Hasna, U. L. (2023). Pengaruh persepsi pendapatan orang tua dan lingkungan sosial terhadap minat siswa SMA melanjutkan perguruan tinggi pada sekolah swasta Kecamatan Sukoharjo. Journal on Education, 06(01), 6736–6745.

Huang, Y. M., Silitonga, L. M., & Wu, T. T. (2022). Applying a business simulation game in a flipped classroom to enhance engagement, learning achievement, and higher-order thinking skills. Computers and Education, 183(March), 104494. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104494

Janah, K., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Pengaruh potensi diri dan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negri 1 Karanggede Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 8–9.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Lastri, K., S., & Sumarno. (2020). Analysis of factors that influence student learning achievement. Journal of Educational Sciences, 4(3), 679. https://doi.org/10.31258/jes.4.3.p.679-693

Mar’ati, F. (2018). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2017/2018. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mufida, A., & Effendi, Z. M. (2019). Pengaruh pendapatan orang tua dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikanke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Pariaman. Jurnal EcoGen, 2(4), 687–695.

Nofrialdi, R. (2022). The effect of student’s creativity and learning interest on learning achievement in economic students class XI IPS SMA Ekasakti Padang. Jurnal Internasional on Global Education, 1(2), 37–46. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jige.v1i1.536

Oryza, S. B., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan ke perguruan tinggi dengan prestasi belajar sebagai variabel mediasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 23–36.

Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Presiden Republik Indonesia. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Presiden Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Putra, S. S., & Irianto, A. (2023). Pengaruh prestasi belajar siswa dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI IPS SMAN di Kecamatan Koto Tangah. Jurnal Pendidikan Tembusai, 7, 5224–5230. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7016/5811

Qaisar, A. R., & Hashmi, H. R. (2021). Educational crusades on television and its impact on motivational level of parents to continue education of their children: a case of sargodha. Journal of Educational Sciences and Research, 8(2), 183–199. https://doi.org/10.52587/jesar.08.02.12

Sada, K., & Vianey, Y. M. (2022). Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup dan lingkungan sosial terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Jurnal Literasi Akuntansi, 2(2), 86–99. https://doi.org/10.55587/jla.v2i2.35

Sapara, M. M., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Dampak lingkungan sosial terhadap perubahan perilaku remaja perempuan di desa ammat kecamatan tampan’amma kabupaten kepulauan talaud. Jurnal Holistik, 13(3), 1–16.

Saputri, D. (2019). Hubungan motivasi belajar siswa dan pendapatan orang tua terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi SMK Negeri 1 Palembang tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 7(2), 34–44.

Sofiyanti, U., & Sukirman. (2019). Minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi: studi empiris tentang pengaruh mediasi prestasi belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 454–469. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31500

Ulfa, R. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman. https://jurnal.stitbb.ac.id/index.php/al-fathonah/article/download/44/29

Zhang, Q., Yu, L., & Yu, Z. (2021). A content analysis and meta-analysis on the effects of classcraft on gamification learning experiences in terms of learning achievement and motivation. Education Research International, 2021(10), 9429112. https://doi.org/10.1155/2021/9429112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.