Penerapan model pembelajaran STAD untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran kepegawaian

Tyasnita - Gloria, Patni Ninghardjanti, Nur Rahmi Akbarini

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di SMK Negeri 1 Sukoharjo yang di latar belakangi kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XII OTKP 2 pada tahun pelajaran 2022/2023. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus, dengan 3 kali pertemuan pada masing-masing siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yaitu lembar instrumen keaktifan siswa. Hasil penelitian pra tindakan menunjukkan bahwa hasil rata-rata keaktifan sebesar 43,8%. Pada siklus I, keaktifan memperoleh persentase sebesar 58,4% dan kemudian peningkatan terjadi secara signifikan pada siklus II dengan keaktifan sebesar 82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran OTK Kepegawaian kelas XII OTKP 2.


Kata kunci: pembelajaran aktif; penelitian tindakan kelas; sumber daya manusia


Abstract: This study aims to determine the increase in student activity by applying the type of cooperative learning model Student Teams Achievement Division (STAD) at SMK Negeri 1 Sukoharjo, which is motivated by the lack of active students in learning activities. This is classroom action research conducted in class XII Office Governance Automation 2 in the 2022/2023 academic year. Classroom Action Research was implemented in two cycles, with 3 meetings in each cycle. Each cycle is carried out with four activity stages: planning, action, observation, and reflection. The data was collected by observing, interviewing, and documenting, while the tools used to collect research data were student activity sheet instruments. The results of the pre-action research showed that the average result of activity was 43.8% d. In cycle I, activeness obtained a percentage of 58.4%. Then, the increase occurred significantly in cycle II with an activeness of 82%. Thus, it can be concluded that using the STAD-type cooperative learning model can increase student activity in Class XII Personnel Management Automation Office Governance Automation 2.


Keywords: staffing; active learning; classroom action research

Keywords

pembelajaran aktif; penelitian tindakan kelas; sumber daya manusia; staffing; active learning; classroom action research

Full Text:

PDF

References

Afriani, D., & Wijayanti, A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Tahun Ajaran 2012/2013. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30738/natural.v1i1.257

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Daryanto, & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Gava Media.

Djamaluddin, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Kaaffah Learning Center.

Fauziah, I. (2021, July 28). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik. https://doi.org/10.31219/osf.io/3hsc4

Maharani, O. D. T., & Kristin, F. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30738/wa.v1i1.998

Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif Dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71–81. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164

Sari, R. J., & Utomo, A. P. (2019). Peningkatan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Smpn 1 Mayang Kelas IX. ScienceEdu, 2(1). https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11797

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2015). Cooperatie Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM (Revisi). Pustaka Belajar.

Tegegne, Y. D., Wubie, D. W., & Mekonen, Y. S. (2022). Factors Affecting Students’ Active Participation in English Speaking Class: Grade 8 in Focus. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 11(2), 288–301.

Wahyuni, S., Fatmawati, L., Krismilah, T., & Hartini, S. (2020). Dalam Pembelajaran Tematik Daring Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.