Organizational experience, social media utilization, and interpersonal communication among members of Student Press Institute at UNS
Abstract
Abstrak: Komunikasi dalam organisasi membutuhkan pemahaman dari setiap individu dengan tujuan yang jelas dan pemilihan kosa kata yang benar dari pemberi pesan kepada penerima pesan agar tidak terjadi kesalahpahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pengalaman organisasi terhadap komunikasi interpersonal, (2) pengaruh penggunaan media sosial WhatsApp terhadap terhadap komunikasi interpersonal, dan (3) pengaruh pengalaman organisasi dan penggunaan media sosial secara bersama-sama terhadap komunikasi interpersonal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survey explanatory. Sampel yang digunakan yaitu 98 anggota aktif organisasi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) UNS tahun 2024 dengan metode simple random sampling dan menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif signifikan antara pengalaman organisasi terhadap komunikasi interpersonal (thitung 9,93 > 1,66 ttabel); (2) terdapat pengaruh positif signifikan antara penggunaan media sosial WhatsApp terhadap komunikasi interpersonal (thitung 3,89 > 1,66 ttabel); (3) terdapat pengaruh positif signifikan antara pengalaman organisasi dan penggunaan media sosial secara bersama-sama terhadap komunikasi interpersonal (fhitung 73,95 > 3,94 ftabel). Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang aktif mengikuti organisasi akan memiliki pengalaman berorganisasi dan pengalaman penggunaan media sosial dalam organisasi yang kemudian membantu meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa.
Kata kunci : aktivitas organisasi; interaksi sosial; komunikasi mahasiswa, sosial media
Abstract: Communication within organizations requires each individual to have a clear understanding of the objectives, along with the use of appropriate vocabulary by the message sender to avoid misunderstandings with the recipient. This study aims to examine (1) the influence of organizational experience on interpersonal communication, (2) the effect of WhatsApp social media utilization on interpersonal communication, and (3) the combined effect of organizational experience and the social media utilization on interpersonal communication.This research employs a quantitative approach with an explanatory survey method. The sample consists of 98 active members of the Student Press Institute at Universitas Sebelas Maret in 2024, selected using simple random sampling. Data were collected through a research questionnaire and analyzed using multiple linear regression techniques. The results showed that: (1) there is a significant positive influence between organizational experience on interpersonal communication (tcount 9,93> 1,66 ttable); (2) WhatsApp social media utilization had a significant positive influence on interpersonal communication (tcount 3,89> 1,66 ttable); (3) organizational experience and social media utilization jointly had a significant positive influence on interpersonal communication (Fcount 73.95> 3.94 Ftable). These results suggest that students who are actively involved in organizations tend to gain both organizational and social media experience, which in turn enhances their interpersonal communication skills.
Keywords : organizational involvement; social interaction; social media; student communication
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aulia, F., Dwianggraeni, P. R., & Ishak, A. R. (2023). Peran organisasi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal yang efektif. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 3(2), 141–150. https://doi.org/10.20885/cantrik.vol3.iss2.art5
Azizah, N., Santoso, S., & Sumaryati, S. (2019). Pengaruh persepsi magang dunia usaha/dunia industri dan pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Tata Arta" UNS, 5(1), 95–106.
Erlinawati, E., & Sinduwiatmo, K. (2024). Peran WhatsApp dalam komunikasi interpersonal remaja desa Soki. Journal of Technology and System Information, 1(3), 13. https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i3.2515
Harahap, H., & Kurniawati, D. (2018). Whatsapp sebagai media strategi komunikasi ustadzah dalam menyampaikan dakwah. DiMCC Conference Proceeding, 1, 141.
Hidayat, S., & Lubis, M. S. I. (2019). Pengaruh aplikasi WhatsApp terhadap penyebaran informasi kepada pegawai dinas pekerjaan umum kecamatan Medan kota. Jurnal Network Media, 2(2), 74–113.
Kartini, K., Damayanti, E., Ananda, N., Zharifa, S., Nabila, N., Zuraida, L., & Mansyur, H. (2024). Memahami dampak media sosial terhadap komunikasi interpersonal: Pendekatan teori komunikasi. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(1), 52–59. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i1.1423
Laviyona, B. R., & Yuliana, N. (2023). Hambatan komunikasi organisasi lembaga pers mahasiswa dalam pengkaderan periode 2021–2022. Jurnal Multidisiplim Ilmu Sosial, 2(6), 31–40.
Manurung, K., & Yuliana, N. (2024). Komunikasi interpersonal: Misskomunikasi dalam organisasi. Sindoro Cendikia Pendidikan, 5(3), 1–10.
Praja, P. N. L. S., Wiradendi, C., & Adha, M. A. (2023). Pengaruh praktik kerja lapangan (magang) dan pengalaman organisasi kemahasiswaan terhadap pengembangan soft skill mahasiswa fe unj angkatan 2019. Jurnal Pendidikan: SEROJA, 2(3), 1–10. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/767/752
Prasetya, A. (2021). Komunikasi pemasaran iklan di produk cetak dan produk online lembaga pers mahasiswa Dinamika UIN Sumut. Ilmu Komunikasi, 17(2), 31–41.
Rahman, J. (2017). Pengaruh media sosial bagi proses belajar siswa. Sub Bagian Informasi Dan Humas Banjarmasin Kalimantan Selatan, 123(10), 2176–2181. https://cursa.ihmc.us/rid=1R440PDZR-13G3T80-2W50/4.%20Pautas-para-evaluar-Estilos-de-Aprendizajes.pdf
Rakhmaniar, A. (2024). Pengaruh media sosial terhadap keterampilan komunikasi interpersonal pada remaja kota Bandung. Jurnal Komunikasi Interpersonal, 2(1), 239–249. https://doi.org/10.24167/jik.v1i4.244
Rashuan, H., Sawiji, H., & Susantiningrum. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi interpersonal terhadap kinerja karyawan FKIP UNS. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(2), 1–10.
Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2022). Explanatory survey dalam metode penelitian deskriptif kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953
Sumantika, A., & Susanti, E. (2021). Peningkatan hard skills dan soft skills pada lingkup organisasi. Jurnal Abdidas, 2(6), 1449–1455. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.507
Suranto, S., & Rusdianti, F. (2018). Pengalaman berorganisasi dalam membentuk soft skill mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 58–65.
Wicaksana, A. H., Rakhmad, W. N., & Lestari, S. B. (2023). Hambatan komunikasi dalam organisasi ikatan mahasiswa berprestasi Wonogiri. Interaksi Online, 11(4), 73–83.
Yuliana, R., & Rahadi, D. R. (2021). Komunikasi interpersonal dalam meningkatkan motivasi karyawan di masa pandemi covid-19. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.35829/magisma.v9i1.133
Yulvia, T., Sawiji, H., & Ninghardjanti, P. (2021). Pengelolaan media sosial untuk mendukung aktivitas humas pemerintah kota Surakarta. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 4(4), 107. https://doi.org/10.20961/jikap.v4i4.47803
Refbacks
- There are currently no refbacks.