Analisis peran komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan yang berkualitas di SDTQ Al Abidin Surakarta

Harum Dewi Alamsyah Dewi Alamsyah Putri, Peduk Rintayati, Fadhil Purnama Adi

Abstract

This research aims to describe the role of the school committee in enhancing the quality of education at SDTQ Al Abidin Surakarta. It is a descriptive qualitative study that uses data collection techniques including interviews, observations, and documentation analysis. The data sources for this study include interview results from the school committee chairman, the principal, and teachers, as well as the outcomes of observations and documentation. Data validity was ensured through triangulation. The findings indicate that the school committee's role in improving educational quality has been effectively implemented, resulting in a productive learning environment that supports students' interests and talents, and contributes to the achievement of the school’s vision, mission, and goals.

Keywords

School committee, quality of education

References

A. Mar’ati, “Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 10(2). 2022. [2] L. Hidayati, “Strategi Pengendalian Mutu Program Pendidikan Nonformal dan Informal pada saat Pandemic Covid-19.” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik) 6(4). 2020. [3] L. Hidayati, “Upaya Peningkatan Keterlibatan Orang Tua Peserta Didik pada Satuan PAUD Sejenis melalui Program Parenting.” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik) 5(1). 2019. [4] R.W. Irmayanti, S. Marmoah, and M. I Sriyanto, “Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak dalam Perspektif Fungsi Manajemen di Sekolah Dasar.” Jurnal Didaktika Dwija Indria 11(2). 2023. [5] Hasbullah. Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2006. [6] J. Helmi, “Implementasi Program Kerja Komite Sekolah Di SMPN 12 Mandau.” Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 10(1). 2018. [7] K. Nurafni, F. Saguni, dan S. Hasnah, “Pengaruh Kinerja Komite Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan 1(1). 2022. [8] Y. E. Megiati, “Pemberdayaan Komite Sekolah: Kajian Konsep Dan Implementasinya.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 1(2). 2016. [9] L. Surjana, “Fungsi Dan Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Di SMK Negeri 2 Dan SMK Negeri 3 Tasikmalaya.” Indonesian Journal of Education Management & Administration Review 1(2). 2018. [10] S. R. Pantjastuti, dkk. Komite Sekolah: Sejarah dan Prospeknya di Masa Depan. Yogyakarta: Hikayat Publishing. 2008. [11] F. A. Nugraha. Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pengelolaan Pendidikan (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Sukorejo Ponorogo), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Tesis. 2019. [12] W. F. Nuzula. Peran Komite Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Multi Kasus di MTS Ma’arif NU Kota Blitar dan SMP Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung). Tesis. 2016. [13] B. S. Sulasmono, dan M. Murjini, “Evaluasi Kinerja Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 113-121. 2017. [14] Misbah, “Peran dan Fungsi Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14 (1), 68-91. 2009 [15] A. P. Pertiwi. Efektivitas Peran Komite Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri Se-Jakarta Utara. Tesis. 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.