Analisis kesulitan belajar pemecahan masalah matematika materi bangun datar kelas iv sekolah dasar berdasarkan teori Newman Procedure

Gita Indah Purnama Putri, Riyadi Riyadi, Supianto Supianto

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan belajar dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan teori Prosedur Newman pada siswa kelas IV SDN Bratan 1 tahun ajaran 2023/2024. Data penelitian ini dikumpulkan dari siswa kelas IV SDN Bratan 1 Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumen, dan angket. Validitas yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada langkah pemahaman yang kemudian akan menyebabkan kesalahan pada langkah pemecahan masalah selanjutnya. Hasil penelitian ini akan membantu guru dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk mengurangi kesulitan belajar siswa dalam memecahkan masalah.

References

[1] RH Mardhiyah, SNF Aldriani, F. Chitta, dan MR Zulfikar, “Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia,” Lectura: Jurnal Pendidikan, 12 (1), 2021. [2] Atiaturrahmaniah, M. Kudsiah, dan EM Ulfa, “Analisis Faktor Penyebab Membantu Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja,” Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 2021. [3] R. Pradestya, A. Imswatama, dan PS Balkist, “Langkah-Langkah Pemecahan Masalah dan Kemampuan Kognitif,” Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 2 (2), 2019. [4] I. Kurniawati ,T. Joko Raharjo, dan Khumaedi, “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21,” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2019. [5] R. Natatama, S. Kamsiyati, dan A. Surya, “Analisis kemampuan pemecahan masalah materi kecepatan dan debit berdasarkan teori john dewey pada peserta didik kelas 5 sekolah dasar,” Didaktika Dwija Indria, 11(1), 2023. [6] E. Siswanto dan Meiliasari, “Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review,” JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 8 (1), 2024. [7] DA Putri , R. Winarni, and A. Surya, “Analisis pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Newman Procedure pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar,” Didaktika Dwija Indria, 9(1), 2021. [8] SZ Sholihah and EA Afriansyah, “Analisis membantu Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele,” Jurnal Mosharafa, 6 (2), 2017. [9] W. Arsyabinta, R. Winarni, and A. Surya, “Analisis menyelesaikan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar,” Didaktika Dwija Indria, 11(4), 2023. [10] N. Rahimah, “Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Bangun Datar Segi Empat Berdasarkan Kemampuan Matematik,” Theta Jurnal Pendidikan Indonesia, 1 (2), 2019. [11] A. Surya, M. Widiawati, dan S. Istiyati , “Keterampilan Pemecahan Masalah Matematis pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 2019. [12] E. Ferwinda and Syahrilfuddin, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tipe Newman Pada Kelas IV SD Se-Gugus Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru,” JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3 (2), 2019. [13] T. Haryati, A. Suyitno, dan I. Junaedi , “Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman,” Jurnal Pendidikan Matematika Unnes, 5 (1), 2016. [14] H. Hafid, Kartono, dan Suhito, “Remedial Teaching untuk Mengatasi Masalah Belajar Siswa pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Prosedur Newman,” Unnes Journal of Mathematics Education, 5 (3), 2016. [15] EM Yeni , “Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar,” JUPENDAS, 2(2), 2015. [16] AL Putra, Darhim, dan S. Fatimah,“Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan masalah aljabar berdasarkan teori Polya dan Newman,” Jurnal Fisika: Seri Konferensi, 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.