Analisis kesulitan peserta didik dan guru dalam pembelajaran IPAS elemen keterampilan proses di sekolah dasar

Shanggita Rosnanda, Rukayah Rukayah, Supianto Supianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dan guru dalam pembelajaran unsur proses IPAS di Kelas IV SD Negeri Kleco II Surakarta dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dan guru masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPAS. Peserta didik mengalami kesulitan dalam mengamati, menanya dan memperkirakan, merencanakan dan melakukan penyelidikan, mengolah dan menganalisis data dan informasi, mengevaluasi dan melakukan refleksi, serta mengkomunikasikan hasil. Guru mengalami kesulitan dalam menganalisis CP, merumuskan CP menjadi TP, menyusun ATP, dan merancang pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi belum optimal, kesulitan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran IPAS. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa adalah mendiagnosis, menjelaskan kembali materi, melakukan kegiatan remedial dan pengayaan, memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuliskan pertanyaan di buku catatan, dan menyampaikannya di depan kelas. Sebaliknya, siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan, membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam penyelidikan, dan memberikan tugas dan latihan secara berkala. Upaya mengatasi kendala guru antara lain dengan meningkatkan kompetensi melalui pelatihan, berperan aktif dalam Kelompok Kerja Guru (KKG), pendampingan dan pembinaan kepala sekolah, mengikuti pelatihan atau workshop, serta melakukan pengembangan diri secara mandiri.

Keywords

process skills, natural and social science learning, merdeka curriculum, teacher difficulties, learner difficulties, elementary school

References

[1] S. Hadi dan Novaliyosi 2019 Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers TIMSS Indonesia (Tren Studi Matematika dan Sains Internasional) hal 562–569

[2] A. Jojor dan H. Sihotang 2022 Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan) Jurnal Ilmu Pendidikan (4)4 pp 5150–5161

[3] I. Pratiwi 2019 Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (4)1 hal 51–71

[4] CZ Fitriyah dan RP Wardani 2022 Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (12)3 p 241

[5] AT Purnawanto 2022 Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka Jurnal Ilmiah. Pedagogi (20)1 hal 75–94

[6] A. Al Husna dan HA Rigianti 2023 Analisis membantu Guru Selama Proses Pembelajaran Pada Saat Pergantian Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Jurnal Basicedu (7)5 pp 3018–3026

[7] ID Wijayanti dan A. Ekantini 2023 Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD Pendas Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar (8)2 hal 2100–2112

[8] AK Dewi, Rukayah, dan J. Daryanto 2021Analisis Pembelajaran Pembelajaran Daring yang Dialami Guru dan Peserta Didik pada Pelajaran Tema 4 KD 3.10 di Kelas III Sekolah Dasar Didaktika Dwija Indria (9)5 pp 1.

[9] IE Azzahra, A. Nurhasanah, dan E. Hermawati 2023 Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun Didaktik Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri (9)2 pp 6230–6238

[10] DA Ikayanti, Arsin, dan M. Sobri 2023 Problematika Guru Pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD Negeri 1 Ketangga Penas Jurnal Ilmu. Pendidikan Dasar (8)2 hal 2548–6950

[11] GT Rahmayati dan A. Prastowo 2023 Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka Elementary School Journal (13)1 pp 16–25

[12] Sumarmi 2023 Problematika penerapan kebijakan Merdeka Belajar Ilmu Sosial Akademik (1)1 hal 94–103

[13] NWS Marwa, H. Usman, dan B. Qodriani 2023 Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka Metodik Didaktik Jurnal Pendidikan. ke-SD-an (18)2 hal 54–65

[14] AN Hidayah, Rukayah, dan Supianto 2024 Persepsi guru mengenai mata pelajaran IPAS pada kurikulum merdeka di kelas IV sekolah dasar Didaktika. Dwija Indria (12)2

[15] K. Darmaningtyas Kurikulum Ganti Lagi 2021

[16] L. Tyera, M. Megawati, dan M. Rusli 2022 Penerapan Keterampilan Proses Dasar Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Educativo Jurnal Pendidikan (1)1 pp 112–123

[17] Y. Yulianti 2016 Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Jurnal Cakrawala Pendas (2)2 pp 939–946

[18] L. Mahmudah 2017 Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Di Madrasah (4)1 hal 168

[19] Ulfiana 2024 Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Multimedia dalam Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPAS tentang Energi dan Perubahannya pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Karangsari Tahun Ajaran 2023/2024

[20] INA Alfatonah, YV Kisda, A. Septarina, A. Ravika, dan IT Jadidah 2023 membantu Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV Jurnal Basicedu (7)6 pp 3397–3405

[21] Meisin 2022 Problematika Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Kelas I dan IV di Sdn 17 Rejang Lebong

[22] S. Zulaiha, T. Meldina, dan Meisin 2022 Problematika Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar ,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar (9)2 hal 163–177

[23] S. Mernasari, “Problematika Pelaksanaan Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Materi Masyarakat yang Beradab Kelas IV SDN O1 Plumbon Tahun Ajaran 2022/2023

[24] SM Sari, Sukarno, dan Matsuri 2023 Problematika pelaksanaan pembelajaran IPAS kurikulum merdeka materi masyarakat yang beradab kelas IV sekolah dasar Didaktika. Dwija Indria (11)5 hal 41

[25] WA Putri, A. Astalini, dan Darmaji 2022 Analisis Kegiatan Praktikum untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan (4)3 pp 3361–3368

[26] W. Hastasasi, TY Harjatanaya, AD Kristiani, I. Herutami, dan A. Andiarti 2022 Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi hal 118

[27] RR Ameliya dan A. Setyawan 2021 Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro Analisis Penyebab membantu Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN Socah 2 hal 319–328

[28] NWS Darmayanti dan NWI Setiawati 2022 Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga Jurnal Pendidikan. dan Pembelajaran Sains Indonesia (5)2 hal 119–127

[29] SN Farida, S. Sudarti, dan FKA Anggraeni 2022 Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa dalam Pembelajaran Suhu dan Kalor melalui Praktikum Fondatia Jurnal Pendidikan Dasar (6)1 hal. 90–103

[30] E. Eliyana 2020 Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau pada Siswa Kelas V SDN 3 Panjerejo di Masa Pandemi Covid-19 EDUPROXIMA Jurnal. Ilmiah Pendidikan IPA (2)2 hal 87–100

[31] M. Zakiridani 2023 Pelaksanaan Pembelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka di Kelas IV MI Siti Mariam

Refbacks

  • There are currently no refbacks.