Pengaruh model value clarificatuion technique pada materi pantun nasihat terhadap perilaku peduli lingkungan peserta didik kelas v sekolah dasar
Abstract
Keywords
References
Amar, C. (2016). Korelasi Kemampuan Memahami Ciri Pantun dan Kemampuan Menentukan Jenis Pantun dengan Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Pagaralam. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 6(1) [2] Celina, Angie, et al. "Analisis Model VCT dalam Pembentukan Moral Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD." Sindoro: Cendikia Pendidikan 7.10 (2024): 71-80. [3] Dinata, T. P., & Reinita, R. (2020). Pendekatan value clarification technique sebagai upaya penanaman nilai karakter dan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1189-1202. [4] Ghani, K. A., & Mohamed, N. (2019). Analisis Sosiosemiotik Terhadap Konsepsi Lambang Flora dalam Pantun Nasihat A Socio-Semiotic Analysis of the Concept of Flora Symbols In “Pantun Nasihat”. Journal of Advanced Research Design, 57(1), 1-20. [5] I Kadek Yudiana, I. K. Y. (2020). Effectiveness of Value Clarification Technique (VCT) in Learning History to Increase the Value Nationalism, Democracy, and Multiculturalism. Effectiveness of Value Clarification Technique (VCT) in Learning History to Increase the Value Nationalism, Democracy, and Multiculturalism, 3(1), 552-563. [6] Karunia, C. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(2), 162-170. [7] Kusuma, E. R. (2018). KARAKTERISTIK NOVEL SENJA DI JAKARTA KARYA MOCHTAR LUBIS SEBAGAI ALASAN PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH. SAMBUTAN DEKAN, 107. [8] Mayassari, F., Nugroho, W., & Puspasari, Y. (2023). Pengaruh Penerapan Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Modul Ajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2231-2238. [9] Purwono, A., & Jannah, T. (2020). Pengaruh Wiyata Ligkungan dan Kecerdasan Naturalis Terhadap Sikap Kepedulian Lingkungan Bagi Siswa MI. Child Education Journal, 2(1), 1-9. [10] SARI, R. (2023). JENIS DAN MAKNA PANTUN DALAM SERIAL UPIN & IPIN PADA TOKOH JARJIT SERTA IMPLIKASI PEMBELAJARAN (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal). [11] Trisnawati, T. (2019). Analisis Jenis-Jenis dan Fungsi Pantun dalam Buku Mantra Syair dan Pantun di Tengah Kehidupan Dunia Modern Karya Korrie Layun Rampan. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(2). [12] Tyas, S. P., & Mawardi, M. (2016). Keefektifan model pembelajaran value clarification technique dalam mengembangkan sikap siswa. Satya Widya, 32(2), 103-116. [13] Ula, R. Y., Sarkadi, S., & Badrujaman, A. (2021). The Effectiveness of Value Clarification Technique Learning Model on Students' Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(1), 38-45. [14] Wibowo, Nasya Zuhdiya, Dyah Lyesmaya, and Iis Nurasiah. "Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa." Jurnal Basicedu 6.3 (2022): 3792-3800. [15] Zalfa, A. Z. A., Shobihah, A., & Fadhil, A. (2022). Peranan lingkungan sekolah terhadap penguatan karakter peduli lingkungan siswa sman 111 jakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 835-841
Refbacks
- There are currently no refbacks.