Saling ketergantungan positif dari nilai kerja sama dalam model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) pada pembelajaran matematika kelas III sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] S. G. M. Dewi and H. Gunawan 2019 Pengaruh Metode Pembelajaran Kelompok Kecil Menggunakan Media Flash Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 2 Palembang Jurnal Neraca 3(2) 202–214
[2] N. Siwi and B. Yonata 2014 Keterampilan Kerjasama Saat Diskusi Kelompok Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Asam Basa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya Unesa Jurnal Chemical Education 3(2) 181–188
[3] L. Nugraha 2023 Pengembangan Model Pembelajaran Gogreen untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Doctoral Dissertation Universitas Pendidikan Indonesia.
[4] M. Listari, I. Tabroni, and E. Nurjanah 2022 Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di UPTD SDN 1 Campakasari Cooperation el Bidayah Jounal Islam Elementary Education 4(2) 200–212
[5] N. I. Puspitasari, Y. Rinanto, and S. Widoretno 2019 Peningkatan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Melalui Penerapan Model Group Investigation Bio-Pedagogi Jurnal Pembelajaran Biologi 8(1) 1–5
[6] P. A. T. Pamungkas, J. Indrastoeti, S. Poerwanti, and J. Daryanto 2019 Peningkatan Keterampilan Sosial Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Team Games Tournament dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V Sekolah Dasar Didaktika Dwija Indria 7(4) 43–48
[7] Sugiyono 2022 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta CV)
[8] Johnson and Holubec 2015 Collaborative Learning Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama (Nusa Media)
[9] R. T. Widyasari, S. Istiyati, and A. Surya 2019 Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Perkalian dan Pembagian Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Didaktika Dwija Indria 7(6) 96–102
[10] R. N. Azizia, Y. T. Astuti, and W. Sumarni 2024 Upaya Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa VIIB SMP N 36 Semarang Menggunakan Model PBL dengan Pendekatan CRT Proses Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas 1323–1334
[11] R. Imanulhaq 2022 Edugame Wordwall : Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Pedagogos: Jurnal Pendidikan 4(1) 33–41
[12] A. Anshorie 2015 Peranan Komunikasi Kelompok Dalam Menciptakan Keharmonisan Antar Anggota Komunitas Pengajian Barokah Sekumpul Mushola Ar-Raudah Loa Bakung Samarinda EJournal Komunikasi 3(4) 361–371
[13] D. Trismahwati and N. I. Sari 2020 Identifikasi Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Azzahra 1(2) 1–20
[14] G. Wahab and Rosnawati 2021 Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran (Penerbit Adab)
[15] N. Maslukiyah and P. Rumondor 2020 Implementasi Konsep Belajar Humanistik pada Siswa dengan Tahap Operasional Formal di SMK Miftahul Khair Psikologika Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi 25(1) 97–110
[16] D. P. Cahyaningrum, R. Winarni, and A. Surya 2021 Analisis Muatan Nilai Moral Dalam Dongeng Pada Buku Siswa Kelas II Sd Tema 7 ‘Kebersamaan’ Kurikulum 2013 Didaktika Dwija Indria 9(2)
[17] G. Alamsah et al. 2023 Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Berbantuan Media Word Wall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Global Education Jurnal 1(3) 219–229Refbacks
- There are currently no refbacks.