Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar ips peserta didik kelas iv sekolah dasar
Abstract
This study aims to determine the correlation between learning motivation and learning outcomes in IPS among fourth-grade students at SDN Karangasem 1 and III Surakarta. It employs a quantitative research approach with a simple correlational method. The data sources include a learning motivation questionnaire and midterm exam results in the IPS subject. The sampling technique used is purposive sampling. Data collection involved distributing the learning motivation questionnaire and analyzing students' learning outcome documents. The validity was tested using the Gregory technique. Data analysis utilized tests for normality, linearity, simple correlation, and coefficient of determination. The results indicate a very strong correlation between learning motivation and IPS learning outcomes among fourth-grade students at SDN Karangasem 1 and III Surakarta.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] P. Institut, Islam, S. Muhammad, and S. Sambas, 2020 “Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar,” Jurnal Kajian Perbatasan Antarnegara, 3 (2).
[2] Y. Utami, 2020 “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2 (1).
[3] T. Nurrita, 2018 “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Ilmu-Ilmu Al Quran, Hadist, Syariah, dan Tarbiyah, 3 (1).
[4] S. Rahman, 2021 “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
[5] N. Kurniawati, I. N. Karma, and N. Hasanah, 2022 “Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2021/2022,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (2).
[6] I. A. J. I. S. Ociria, 2022 “Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Rambai,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (6).
[7] S. Esterina, D. Anika Marhayani, and Mertika, 2022 “Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV,” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (Jpips), 14 (1).
[8] R. Hastuti, 2019 “Pengaruh Regulasi Diri (Self Regulation) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Peserta Didik Kelas XI MIA MAN 1 Bulukumba,” Jurnal Al-Ahya, 1 (2).
[9] S. Vindy Salsabila, J. Poerwanti, and T. Budiarto, 2024 “Analisis Kedisiplinan dan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar,” Didaktika Dwija Indria, 12 (4).
[10] Z. Arifin and H. Humaedah, 2021 “Application Of Theory Operant Conditioning Bf Skinner’s In Pai Learning,” Journal Of Contemporary Islamic Education, 1 (2), 101–110.
[11] Hamzah B Uno. 2016. Teori Motivasi Dan Pengukurannya.
[12] D. Johnson, 2017 “The Role Of Teachers In Motivating Students To Learn,” Bu Journal Of Graduate Studies In Education, 9 (1).
[13] M. Syafi, 2021 “Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Kalkulus dan Aljabar di Kelas XI IPA SMA,” Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1), 65–74.
[14] W. Bagja, S. Stkip, and M. Bogor, 2018 “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor,” Jurnal Ilmiah Edutecno, 18 (1).
[15] Hadiyah, 2009 “Pengaruh Kunjungan Ke Dunia Usaha Terhadap Prestasi Belajar Kewiraushaan Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Mahasiswa PPGSD FKIP UNS Surakarta Tahun 2009,” Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (6).
[16] H. Mulyono and B. Suprana, 2021 “Motivasi belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar pada pembelajaran STEAM di masa pandemi covid-19,” Didaktika Dwija Indria, 9 (6).
[17] S. Fatimah, 2017 “Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis Kelamin, dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru SD,” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1 (1).
[18] O. S. Aminah, L. Kurnia Puryati, F. Taqiyyah, S. D. Ardianti, and N. Fajrie, 2023 “Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2 (9).
[19] Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.
[20] W. Bagja Sulfemi, A. Qodir, and S. Muhammadiyah Bogor, 2017 “Hubungan Kurikulum 2013 dengan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMK Pelita Ciampea,” Jurnal Ilmiah Edutecno, 17 (2).
[21] S. I. H. M. S Alfiah, 2021 “Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar dalam Pembelajaran IPS pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar” Didaktika Dwija Indria, 9 (5).
Refbacks
- There are currently no refbacks.