Pengaruh model pembelajaran read, answer, discuss, explain, and create (radec) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi ditinjau dari penguasaan kosakata peserta didik kelas v sd
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui: (1) perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) dan model pembelajaran Picture and Picture; (2) perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi oleh peserta didik yang memiliki penguasaan kosakata tinggi dan penguasaan kosakata rendah; (3) interaksi antara model pembelajaran dengan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi. Penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode penelitian Quasi Experimental Research dan desain penelitian yakni Factorial Design 2x2. Populasi penelitian mencakup semua peserta didik kelas V SD Negeri di Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel terpilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data didapatkan menggunakan teknik tes. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (RADEC) dan model pembelajaran Picture and Picture dengan data (Fhitung = 6,9 > Ftabel sebesar 4,01); (2) ada perbedaan pada keterampilan menulis teks eksplanasi oleh peserta didik dengan penguasaan kosakata tinggi dan penguasaan kosakata rendah sesuai data (Fhitung = 5,50 > Ftabel sebesar 4,01); (3) tidak ada interaksi pada model pembelajaran dengan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi dengan data (Fhitung = 0,01 < Ftabel = 4,01).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] U. Khair, “Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI,” AR-RIAYAH Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2 (1), p. 81, 2018, doi: 10.29240/jpd.v2i1.261.
[2] F. N. S. Utami, R. Winarni, and M. I. Sriyanto, “Analisis pembelajaran menulis puisi peserta didik kelas IV sekolah dasar,” Didakta Dwija Indria, Vol. 11 (6), p. 43, 2023, doi: 10.20961/ddi.v11i6.77086.
[3] K. Saddhono and S. Y. Slamet, Teori dan Aplikasi : Pembelajaran Membaca dan Menulis di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press, 2013.
[4] D. Adityaningrum, S. Y. Slamet, and T. Budiharto, “Studi hubungan antara penguasaan kosakata dan kemampuan penalaran dengan keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas iv sekolah dasar,” Didakta Dwija Indria, Vol. 9 (1), p. 14, 2022.
[5] K. Saddhono and S. Y. Slamet, Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarrta: Graha Ilmu, 2014.
[6] U. G. Saputro, S. Suyono, and R. S. I. Dewi, “Analisis Kesulitan Menulis Ringkasan Bacaan Tema 9 Sub Tema 2 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas VI,” JIIP - Jurnal Ilmu Ilmu Pendidikan, Vol. 6 (9), pp. 7361–7366, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i9.2933.
[7] D. Saryono and Soedjito, Seri Terampil Menulis Bahasa Indonesia : Kosakata. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara, 2021.
[8] U. A. Zahro, Noermanzah, and Syafryadin, “Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua,” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 1 (1), pp. 187–198, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13675
[9] E. A. Sumitro and H. Rizqi, “INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GAPURA KABUPATEN SUMENEP,” Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 12 (1), 2023, doi: 10.31571/bahasa.v12i1.5713.
[10] B. S. dan K. Kemendikbud, “Bahasa Indonesia Fase A - Fase F,” J. Chem. Inf. Model., Vol. 53 (9), p. 6, 2022, [Online]. Available: http://dspace.ucuenca.edu.ec/bitstream/123456789/35612/1/Trabajo de Titulacion.pdf%0Ahttps://educacion.gob.ec/wp-content/uploads/downloads/2019/01/GUIA-METODOLOGICA-EF.pdf%0A???%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/viewFile/19239/18790%0A
[11] S. Sulastri, D. Indihadi, and E. Kosasih, “Analisis Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dan Teks Cerpen Siswa Kelas V pada saat Pembelajaran Daring,” PEDADIDAKTIKA Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 9 (1), pp. 57–68, 2022, doi: 10.17509/pedadidaktika.v9i1.53045.
[12] F. F. Zalukhu, E. Vierginia Asria Ningsih Zega, F. Faebua Dodo Daeli, and A. Bawamenewi, “Pengembangan Media Gambar untuk Meningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Penerapan Model Project Based Learning,” Jurnal on Education, Vol. 6 (1), pp. 5793–5800, 2023.
[13] D. Yulistiani and D. Indihadi, “Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri,” PEDADIDAKTIKA Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 7 (3), pp. 228–234, 2020, doi: 10.17509/pedadidaktika.v7i3.25625.
[14] S. M. Tiara, D. Indihadi, and A. Mulyadiprana, “Penggunaan Media Gambar Tunggal dalam Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, Vol. 08 (2). September, pp. 5797–5806, 2023.
[15] A. Kharisma, H. Tatat, V. S. Damaianti, and M. Solehuddin, “Kesulitan Anak Usia 10-11 Tahun dalam Menulis Faktual Ragam Eksplanasi,” Jurnal Basicedu, Vol. 5 (2), pp. 895–902, 2021, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
[16] D. Setiawan, T. Hartati, and W. Sopandi, “Kemampuan Menulis Teks Eksplasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Melalui Model RADEC,” Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4 (1), pp. 1–16, 2019.
[17] R. D. Nengsih, “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran RADEC untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI UPTD SD NEGERI 93 BARRU,” Universitas Bosowa, 2023.
[18] Y. E. I. Napitupulu, N. Simorangkir, and R. Lumbantobing, “Hubungan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas VI SD Negeri 030399 Kecamatan Silima Pungga Pungga Kabupaten Dairi Tahun Pembelajaran,” Jurnal Nakula, Vol. 1 (6), 2023.
[19] F. S. Sundari, S. T. Y. Slamet, and J. Daryanto, “Pengaruh antara model pembelajaran lesson study dan model pembelajaran direct instruction terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi ditinjau dari minat pada peserta didik kelas v sekolah dasar,” Jurnal Pendidikan Indonesia., Vol. 7 (2), pp. 63–68, 2020.
[20] S. Muliani and E. Gani, “Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi,” Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, Vol. 1(1), 2023.
[21] A. A. Pohan, Y. Abidin, and A. Sastromiharjo, “Model Pembelajaran RADEC dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa,” Seminar Internasional Riksa Bahasa. XIV, Vol. 496 (14), pp. 250–258, 2020.
[22] A. R. Hidayat, F. M. Firdaus, and H. Lusiana, “The RADEC Learning Model Improves Explanatory Text Writing Skill in Elementary Schools,” International Journal Elementary Education, Vol. 7 (3), pp. 382–393, 2023.
[23] S. Priyanto, T. Sukmayadi, and S. ’Ainurrohmah, “Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi melalui Teks Berita Menggunakan Metode STAD pada Siswa Kelas VI E SD Muhammadiyah Karangkajen,” Jurnal Pendidikan Profesi Guru, pp. 1252–1262, 2021.
[24] E. T. Priyatni, Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.
[25] N. Nurnaningsih, C. B. Hanum, W. Sopandi, and A. Sujana, “Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Berbasis RADEC,” Jurnal Basicedu, Vol. 7 (1), pp. 872–879, 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4773.
[26] L. S. Kinanti, E. M. Octaviani, and V. Y. Putri, “Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa di SD Negeri 4 Made,” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA),Vol. 4 (1), pp. 74–84, 2024.
[27] D. Fitriani, R. Rukayah, and J. Daryanto, “Analisis kemampuan memahami teks eksplanasi pada peserta didik kelas v sd,” Didakta Dwija Indria, Vol. 9 (3), pp. 98–102, 2021.
[28] A. R. Hidayat, F. M. Firdaus, and H. Lusiana, “Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi,” Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Budaya, Vol. 2 (4), pp. 79–84, 2023, doi: 10.55606/jpbb.v2i4.2271.
[29] R. D. Nengsih, A. Hamsiah, and M. Muhammadiah, “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran RADEC untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kwlas VI UPTD SD Negeri 93 Barru,” Univ. Bosowa, Vol. 3 (2), pp. 88–100, 2023, doi: 10.35965/bje.v3i2.2637.
[30] Anizah, I. Basri, and Abdurhman, “Hubungan Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 8 Padang,” Jurnal Pendidikan Bahasa, dan Sastra Indonesia, Vol. 5 (1), pp. 1–7, 2016.
[31] W. Sopandi et al., Model Pembelajaran RADEC Teori dan Implementasi di Sekolah, 1st ed. Bandung: UPI Press, 2021.
[32] Y. A. Pratama, W. Sopandi, and Y. Hidayah, “RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context,” International Journal Education and Vocational Studies, Vol. 1 (2), pp. 109–115, 2019, doi: 10.29103/ijevs.v1i2.1379.
[33] H. Sopandi, W., & Handayani, “The Impact of Workshop on Implementation of (RADEC) Learning Model on Pedagogic Competency of Elementary School Teachers,” International Conference of Innovation in Education, Vol. 178,. ICoIE 2018, pp. 7–11, 2019.
[34] I. Kemal and M. Febriyana, “Penulisan Kosakata Bahasa Indonesia pada Pengguna Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi,” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 19 (1), pp. 127–138, 2023.
[35] I. J. Armianti, Y. Nuraeni, and N. Latifah, “Hubungan Antara Penguasaan KosaKata dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Kutabaru 1 Kabupaten Tangerang,” Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, Vol. 08 (2), September, pp. 5684–5691, 2023.
[36] D. Juariah, E. Z. Arifin, and M. Suendarti, “Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi,” Diskurs. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, Vol. 3 (2), p. 110, 2020, doi: 10.30998/diskursus.v3i02.7440.Refbacks
- There are currently no refbacks.