Perencanaan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam pelajaran IPAS pada peserta didik kelas V sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] M. Purba, N. Purnamasari, S. Soetantyo, I. Suwarna, and E. Susanti, Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pebelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia, 2021. [Online]. Available: https://buku.yunandracenter.com/produk/naskah-akademik-pembelajaran-berdiferensiasi/
[2] C. A. Tomlinson, The Differentiated Classroom Responding to the Needs of All Learners. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data Tomlinson, 2014. [Online]. Available: https://files.ascd.org/staticfiles/ascd/pdf/siteASCD/publications/books/differentiated-classroom2nd-sample-chapters.pdf
[3] N. A. Suci, S. Istiyati, and S. Kamsiyati, “Analisis Kesulitan Belajar IPS dan Upaya Penanganan pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 10, no. 2, 2023, doi: 10.20961/jpd.v10i2.65869.
[4] N. Sugiarti and Mulyono, “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Insan Mulya Kota Baru Driyorejo Gresik Nurlinah Sugiarti Abstrak,” Bapala, vol. 9, no. 9, pp. 157–164, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/48938
[5] R. Widyawati and P. Rachmadyanti, “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi IPS di Sekolah Dasar,” JPGSD, vol. 11(2), pp. 365–379, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775
[6] D. D. Elviya and W. Sukartiningsih, “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya,” JPGSD, vol. 11, no. 8, pp. 1780–1793, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54127
[7] Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2021.
[8] D. Assyakurrohim, D. Ikhram, R. A. Sirodj, and M. W. Afgani, “Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif,” J. Pendidik. Sains dan Komput., vol. 3, no. 01, pp. 1–9, Dec. 2022, doi: 10.47709/jpsk.v3i01.1951.
[9] E. Murdiyanto, Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta Press, 2020. [Online]. Available: http://eprints.upnyk.ac.id/24095/
[10] F. Insani, N. Harto, and L. Purnamasari, “Analisis Hasil Asemen Diagnostik sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar,” J. Ilm. PGSD FKIP Univ. Mandiri, vol. 9, no. 2, pp. 4450–4458, 2023, [Online]. Available: https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1154
[11] A. O. W. Maut, “Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara,” J. Pendidik. Masy. dan Pengabdi., vol. 02, no. 4, pp. 1305–1312, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas/article/view/1878
[12] R. Nuralifah, R. Rukayah, and D. Y. Saputri, “Analisis Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SD,” J. Pendidik. Dasar, vol. 10, no. 2, 2023, doi: 10.20961/jpd.v10i2.69294.
[13] D. Irdhina, I. Rahma, S. Anggraeni, M. Purba, N. Purnamasari, and M. Y. Saad, Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instructions) pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar di SD Cikal Cilandak. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia, 2021. [Online]. Available: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/03/Buku-Model-Diferensiasi-SD-Cikal.pdf
[14] A. T. V. P. Yuono, M. Toharudin, and L. Nurpratiwiningsih, “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di SDN Klampok 01,” J. Pendidik. SEROJA, vol. 2, no. 5, pp. 282–288, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/1305/1258
[15] S. U. Harini, S. Sukarno, and S. Wahyuningsih, “Analisis dimensi proses kognitif pada soal formatif dalam buku bahasa Indonesia Aku Bisa Kelas 1 Sekolah Dasar,” Didakt. Dwija Indria, vol. 11, no. 1, pp. 6–11, 2023, doi: 10.20961/ddi.v11i1.73413.
[16] C. A. Tomlinson, T. Moon, and M. B. Imbeau, “Assessment and Student Success in a Differentiated Classroom,” Assoc. Superv. Curric. Dev., pp. 1–159, 2015, [Online]. Available: https://files.ascd.org/staticfiles/ascd/pdf/siteASCD/publications/assessment-and-di-whitepaper.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.