Analisis penerapan keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran ppkn kelas VI sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Yayan Alpian, “PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA Oleh.,” Jurna Buana Pengabdi., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2019.
[2] S. Hindun, “Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SDN Dabin 2 Kecamatan Nalumsari Jepara,” J. Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 1, pp. 1–7, 2023.
[3] A. U. Rahmah, S. B. Kurniawan, and T. Budiharto, “Analisis keterampilan mengajar guru mengadakan variasi pada pembelajaran tematik sekolah dasar,” JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., vol. 8, no. 2, pp. 1–6, 2022.
[4] A. Salsabilla, S. Wahyuni, Y. Pantiwati, E. Susetyarini, I. Hindun, and H. Husamah, “Basic teaching skills of prospective teacher students based on the TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) communication pattern at SMP Muhammadiyah 02 Batu,” Prism. Sains J. Pengkaj. Ilmu dan Pembelajaran Mat. dan IPA IKIP Mataram, vol. 10, no. 2, p. 237, 2022, doi: 10.33394/j-ps.v10i2.4870.
[5] B. Sumardjoko, “Pancasila and Civic Education Learning as an Adhesive of Multicultural Society,” Adv. Soc. Sci. Educ. Humanit. Res., vol. 262, no. Ictte, pp. 357–361, 2018.
[6] F. N. Miftahul Jannah, H. Nuroso, M. Mudzanatun, and E. Isnuryantono, “Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 11, no. 1, 2023, doi: 10.20961/jpd.v11i1.72716.
[7] D. Sukirman, B. Setiawan, and C. Riyana, “Development of Massive Open Online Courses (MOOC) Content to Improve Indonesian Teachers’ Pedagogical Competence: MOOC Technology Instructional Process,” Acad. J. Interdiscip. Stud., vol. 11, no. 6, pp. 255–270, 2022, doi: 10.36941/ajis-2022-0166.
[8] S. T. Shita, S. Istiyati, and Hadiyah, “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Didakt. Dwija Indria, vol. 9, no. 6, pp. 367–370, 2021.
[9] M. N. Adlini, A. H. Dinda, S. Yulinda, O. Chotimah, and S. J. Merliyana, “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 974–980, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
[10] S. Y. L. Tumangkeng and J. B. Maramis, “Kajian Pendekatan Fenomenologi : Literature Review,” J. Pembang. Ekon. dan Keuang. Drh., vol. 23, no. 1, pp. 14–32, 2022.
[11] O. Veza, N. Y. Arifin, D. Saro, and R. Adam, “Dashboard Monitoring Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Dinas Pengelolaan Pajak Provinsi Kepulauan Riau,” J. Elektron. dan Komput., vol. 13, no. 2, pp. 70–86, 2020, [Online]. Available: http://journal.stekom.ac.id/index.php/elkom■page70
[12] T. Rachmawati, “Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian,” 25 Febuari, no. 1, pp. 1–3, 2016, [Online]. Available: http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/metode-pengumpulan-data-dalam-penelitian
[13] N. L. D. S. Dewi and N. P. S. E. Carniasih, “Pengaruh media pembelajaran berbasis youtube dalam pembelajaran tata bahasa inggris,” J. Ilm. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 397–404, 2018.
[14] A. Alfansyur and Mariyani, “Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial,” Hist. J. Kajian, Penelit. Pengemb. Pendidik. Sej., vol. 5, no. 2, pp. 146–150, 2020.
[15] Nurdiansyah, R. Johar, and Saminan, “Keterampilan Bertanya Guru SMP dalam Pembelajaran Matematika,” J. Peluang, vol. Vol.7, no. 1, pp. 44–54, 2019.
[16] M. Ilham, M. Masdin, W. E. Hardiyanti, and R. Desinatalia, “Keterampilan Bertanya Dan Memberi Penguatan Guru Dalam Pembelajaran Daring Di Tingkat Sd Pada Masa Pandemi Covid-19,” AULADUNA J. Pendidik. Dasar Islam, vol. 9, no. 1, pp. 51–68, 2022, doi: 10.24252/auladuna.v9i1a5.2022.
[17] N. Windyantika and N. Ngazizah, “Evaluasi Keterampilan Memberi Penguatan Oleh Mahasiswa Pgsd Semester Vi Mata Kuliah Pembelajaran Mikro Pada Materi Tema 6 Kelas 5 Sd,” J. Pendidik. Dasar Flobamorata, vol. 2, no. 2, pp. 214–217, 2021, doi: 10.51494/jpdf.v2i2.456.
[18] K. D. P. Indragani, I. M. Astika, and A. A. S. Tantri, “Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Undiksha, vol. 11, no. 4, p. 482, 2021, doi: 10.23887/jjpbs.v11i4.39865.
[19] R. Nababan, “Hubungan Keterampilan Guru Memberi Penguatan (Reinforcement) Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Perguruan Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019,” J. Civ. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2018.
[20] Fitri Siti Sundari & Yuli Muliyawati, “P E D a G O N a L Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pgsd,” P E D A G O N A L J. Ilm. Pendidik. http, vol. VOL 1 NO 1, no. 1, pp. 26–36, 2017, [Online]. Available: http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagonal
[21] m. yamin Zulfanidar, alfiati syafrina, “Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 1 Nomor 1, 175-184,” J. Ilm. Mhs. Pendidik. Guru Sekol. Dasar FKIP Unsyiah Vol. 1 Nomor 1, 175-184, vol. 1, pp. 175–184, 2016.
[22] K. E. Mumpuni, D. F. Priyayi, and S. Widoretno, “How do Students Perform a Peer Assessment?,” Int. J. Instr., vol. 15, no. 3, pp. 751–766, 2022, doi: 10.29333/iji.2022.15341a.
[23] T. Laititia and N. Ngazizah, “Evaluasi Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil Dan Perseorangan Mahasiswa Pgsd Semester Vi Mata Kuliah Pembelajaran Mikro 2020/2021,” JuDha_PGSD J. Dharma PGSDJurnal Dharma PGSD, vol. 1, no. 2, pp. 104–110, 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.