Analisis kedisiplinan dan motivasi belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar di sekolah dasar

Sherly Vindi Salsabila, Jenny IS Poerwanti, Tri Budiarto

Abstract

Keberhasilan pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar yang merupakan inti dari proses pencapaian hasil belajar. Disiplin memegang peranan penting baik bagi siswa maupun guru. Peningkatan motivasi belajar siswa seringkali tercermin dari kedisiplinan yang ditunjukkannya. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memiliki sikap disiplin dan motivasi belajar yang kuat, memastikan mereka fokus dan terorganisir dalam kegiatan pendidikannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pesertanya adalah siswa kelas lima dan gurunya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari wawancara, angket, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Temuan menunjukkan bahwa disiplin dan motivasi belajar secara umum mendapat nilai tinggi. Nilai tertinggi terdapat pada disiplin sikap dengan nilai 3,23, sedangkan nilai terendah terdapat pada disiplin ibadah dengan nilai 2,76. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan landasan bagi sekolah untuk mengembangkan program yang lebih efektif yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan motivasi belajar siswa

Keywords

discipline, learning motivation, teaching and learning activities, elementary school

Full Text:

PDF

References

S. Rahman, “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar,” Merdeka Belajar, no. November, pp. 289–302, 2021.

R. Abubakar, Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga., 2021.

N. Alfiyah, Z.N., Hartatik, S., “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3158–3166, 2021.

S. B. Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaktif Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

I. Sulistyo, “Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif TGT Pada Pelajaran PKN,” J. Stud. Sos., 2016.

I. Cahyaningsih and N. M. Murdiyani, “Analisis kemampuan literasi matematika siswa SMK jurusan seni budaya,” J. Pedagog. Mat. , vol. 8, no. 2, pp. 69–82, 2022.

T. S. & A. W. Hartini, “Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika di SMP,” Prisiding Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat. Sesiomadika, 2019.

G. F. Lesi Ayu, D. Koryati, and R. Jaenudin, “Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 16 Palembang,” J. PROFIT Kaji. Pendidik. Ekon. dan Ilmu Ekon., vol. 6, no. 1, pp. 69–79, 2019, doi: 10.36706/jp.v6i1.7876.

M. M. Luh Evi Juli, “Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermediakan Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, 2019.

I. K. Mahardika, S. Subiki, N. P. Anggraeni, D. H. Juanda, M. J. Ubaidillah, and N. Amelia, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 5239–5247, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i4.3199.

H. B. Uno, TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara, 2017.

A. P. Sugiarto, T. Suyati, and P. D. Yulianti, “Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes,” Mimb. Ilmu, vol. 24, no. 2, p. 232, 2019, doi: 10.23887/mi.v24i2.21279.

N. Rahmat, S. Sepriadi, and R. Daliana, “Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Guru Kelas Di Sd Negeri 3 Rejosari Kabupaten Oku Timur,” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), vol. 2, no. 2, 2017, doi: 10.31851/jmksp.v2i2.1471.

N. Rohmah, S. Hidayat, and L. Nulhakim, “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa,” J. Ilmiah Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, p. 150, 2021, doi: 10.23887/jipp.v5i1.30308.

E. Yusnaldi, A. H. Siregar, and R. Suryaningsih, “Peran Penting Guru IPS Sebagai Pendidik dalam Meningkatkan Sikap Sosial di SDN 104204 Sambirejo,” vol. 8, pp. 1034–1039, 2024.

N. M. S. Mujamil and R. A. Suryadi, “Upaya Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Religius dan Disiplin Pada Siswa Kelas VI B SDS Karakter Al-Adzkiya Cianjur,” Edukasi Islam. J. Pendidik. Islam, vol. 12, no. 001, pp. 727–740, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/5908

S. A. P. Salsabila, S. E. Audina, Riska Putri Ayu Wulandari, and M. D. Amanda, “IMPLEMENTASI ASPEK KOMPETENSI (SIKAP) DAN HABIT (KEBIASAAN) PADA PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP IT AT-TAQWA,” Yasin J. Pendidik. dan Sos. Budaya, vol. 3, no. 5, pp. 1233–1250, 2023.

S. Haryono, H., & Sunhaji, “Peran Orang Tua untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Musim Pandemi Covid-19,” J. Kependidikan, vol. 8, no. 2, pp. 207–223, 2020.

D. I. Aisyah, S., & Sari, “Efektifitas Penggunaan Platform Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. MathEdu, 2021.

A. Emda, “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran,” Lantanida J., vol. 5, no. 2, pp. 93–196, 2017.

M. Miftahussaadah and S. Subiyantoro, “Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa,” Islamika, vol. 3, no. 1, pp. 97–107, 2021, doi: 10.36088/islamika.v3i1.1008.

D. D. Cahyono, M. K. Hamda, and E. D. Prahastiwi, “Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar,” TAJDID J. Pemikir. Keislam. dan Kemanus., vol. 6, no. 1, pp. 37–48, 2022, doi: 10.52266/tadjid.v6i1.767.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.