Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pengukuran panjang berdasarkan teori Nolting pada siswa kelas IV sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
N. Rahmah, “Hakikat Pendidikan Matematika,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2018, doi: 10.24256/jpmipa.v1i2.88. [2] Kemendikbudristek, “Permendikbudristek No 7 Tahun 2022 - Standar Isi,” 2022. [3] A. Muntaha, T. Wibowo, and N. Kurniasih, “Analisis kesulitan siswa dalam mengonstruksi model matematika pada soal cerita,” Maju, vol. 7, no. 2, pp. 53–58, 2020. [4] Y. F. Kraeng, “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika,” J. Ilm. Pendidik. Mat. Al Qalasadi, vol. 5, no. 1, pp. 72–80, 2021, doi: 10.32505/qalasadi.v5i1.2366. [5] E. Unaenah et al., “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pengukuran Panjang Di Kelas Iv,” Ejournal, vol. 2, no. 1, pp. 83–89, 2020. [6] A. Purnama Putri, Nursalam, and S. Sulasteri, “Pengaruh Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur,” MaPan J. Mat. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 17–30, 2014, [Online]. Available: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Mapan/article/view/2718/2976 [7] S. Galuh, S. B. Kurniawan, and T. Budiharto, “Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika tentang operasi hitung pecahan kelas v sekolah dasar,” Didakt. Dwija Indria, no. 449, pp. 3–8, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/70964%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/download/70964/39502 [8] S. Suryana, E. Rosmaya, N. Sudarsono, and M. D. Sundawan, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Trigonometri,” J. Pendidik. Mat. RAFA, vol. 5, no. 2, pp. 152–161, 2019, doi: 10.19109/jpmrafa.v5i2.4343. [9] A. F. Rachman and S. Saripudin, “Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI Pada Materi Trigonometri,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 126–133, 2020, doi: 10.31004/cendekia.v4i1.166. [10] P. D. Nolting, Math study skills workbook: Your guide to reducing text anxiety and improving study strategies. Cengage Learning, 2012. [11] F. Ulpa, S. Marifah, S. A. Maharani, and N. Ratnaningsih, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting,” Sq. J. Math. Math. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 67–80, 2021, doi: 10.21580/square.2021.3.2.8651. [12] L. Rahmania and A. Rahmawati, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel,” JMPM J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, p. 165, 2016. [13] H. Faturrochmah, R. M. Sary, and M. Azizah, “Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Nolting Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar,” Elem. Sch. J. Pendidik. dan Pembelajaran ke-SD-an, vol. 8, no. 2, pp. 310–321, 2021, doi: 10.31316/esjurnal.v8i2.1404. [14] M. N. Sari, R. Riyadi, and S. Kamsiyati, “Profil kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan,” Didakt. Dwija Indria, no. 449, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/49139%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/viewFile/49139/30626 [15] L. Kurniawati, G. Aroysi, and M. Fatma, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bertipe PISA Berdasarkan Teori Nolting,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 3, pp. 107–113, 2019, [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/70486 [16] F. A. Safitri, T. Sugiarti, and F. S. Hutam, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA),” J. Profesi Kegur., vol. 5, no. 1, pp. 15–22, 2019. [17] I. Zulkarnain and H. Budiman, “Pengaruh Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,” Res. Dev. J. Educ., vol. 6, no. 1, p. 18, 2019, doi: 10.30998/rdje.v6i1.4093. [18] A. Surya, M. Widiawati, and S. Istiyati, “Keterampilan Pemecahan Masalah MatematisPada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2019. [19] T. Yuwono, M. Supanggih, and R. D. Ferdiani, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya,” J. Tadris Mat., vol. 1, no. 2, pp. 137–144, 2018, doi: 10.21274/jtm.2018.1.2.137-144. [20] D. A. Ramadhini and K. Kowiyah, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 3, pp. 2475–2488, 2022, doi: 10.31004/cendekia.v6i3.1581. [21] Ruqoyyah Fitri, “METAKOGNITIF PADA PROSES BELAJAR ANAK DALAM KAJIAN NEUROSAINS Ruqoyyah Fitri Abstrak,” J. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 44–52, 2017. [22] I. B. Putridayani and S. Chotimah, “Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Soal Cerita Matematika pada Materi Peluang,” J. Pembelajaran Mat. Inov., vol. 3, no. 6, pp. 671–678, 2020, [Online]. Available: https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/4032
Refbacks
- There are currently no refbacks.