Implementasi profil pelajar pancasila dimensi gotong royong dalam pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2020). Bidang data Informasi dan Pengaduan. Per-31 Agustus 2020, pukul 12.11 WIB. [2] Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480 [3] Kemendikbud Ristek. (2021). Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 5. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila [4] Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA WUJUDKAN PELAJAR PANCASILA. 257–265. [5] RAHAYUNINGSIH, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925 [6] Birhan, W., Shiferaw, G., Amsalu, A., & Tamiru, M. (2021). Social Sciences & Humanities Open Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100171. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100171 [7] Iskandar, S., Rosmana, P. S., Nafira, A., & Habibina, I. Z. (2023). Sekolah Penggerak : Mempercepat Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila. 3, 2702–2713. [8] Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Hakikat pemb.matematika landasan teori. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25246403%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC4249520 [9] Rahmi. (2013). Konstribusi Matematika dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ekotrans, 12(1), 31–38. [10] Rokhman, F., Hum, M., & Syaifudin, A. (2014). Character Education For Golden Generation 2045 ( National Character Building for Indonesian Golden Years ). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197 [11] Nur Bintari, P., & Darmawan, C. (2016). Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3670 [12] Suhana, A., Wardani, K. W., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. 5 [13] Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Quarterly Journal of Health Psychology, 8(32), 73–92. http://hpj.journals.pnu.ac.ir/article_6498.html [14] Muniroh, N. (2019). Implementansi Nilai Nasionalisme dan Gotong Royong dalam Mata Pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 10(1), 154–168. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id [15] Prasetyo Utomo, E. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran Ips Untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 95–102. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p095 [16] Nja, C. O., Anari, M. I., Erim, C. M., Idiege, K. J., Ilhami, A., Ukah, J. U., Eneyo, O. E., Uwe, U. E., & Cornelius-Ukpepi, B. U. (2023). Learning space, students’ collaboration, educational outcomes, and interest: Exploring the physical, social and psychological mediators. Heliyon, 9(4), e15456. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15456 [17] Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147 [18] Eliasa, E. I. (2014). Increasing Values of Teamwork and Responsibility of The Students Through Games : Integrating Education Character in Lectures. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123, 196–203. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1415 [19] Saputra, J. (2016). Perbandingan Pengaruh Teknik Pengelompokan Umum dan Fuzzy K-Means Clustering terhadap Manfaat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 242–258. [20] Triansyah, A., Atmaja, N. M. K., Abdurrochim, M., & Bafadal, M. F. (2020). Peningkatan karakter kepedulian dan kerjasama dalam pembelajaran mata kuliah atletik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 145–155. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.31124 [21] Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021). [22] Ependi, S. (2018). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Sd Negeri 012 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 256. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6269 [23] Juniati, E. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill Dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas Vi Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 283. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291 [24] Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.