Implementasi profil pelajar pancasila dimensi gotong royong dalam pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar

Nur Noppitasari, Riyadi Riyadi, Tri Budiharto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi dimensi Profil Siswa Pancasila gotong royong dalam pembelajaran Matematika siswa kelas IV SD Negeri Karangasem IV Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Karangasem IV Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman meliputi empat tahap: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gotong royong telah diterapkan oleh guru dan siswa kelas IV. Penerapan dimensi gotong royong telah memenuhi semua aspek, antara lain: 1) Kerjasama, 2) Peduli, dan 3) Berbagi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Profil Siswa Pancasila dimensi gotong royong dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD Negeri IV Karangasem sudah terlaksana dengan sangat baik.

Keywords

Profil Pelajar Pancasila; dimensi gotong royong; Matematika; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2020). Bidang data Informasi dan Pengaduan. Per-31 Agustus 2020, pukul 12.11 WIB. [2] Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145–154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480 [3] Kemendikbud Ristek. (2021). Bahan Ajar Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 5. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila [4] Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA WUJUDKAN PELAJAR PANCASILA. 257–265. [5] RAHAYUNINGSIH, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925 [6] Birhan, W., Shiferaw, G., Amsalu, A., & Tamiru, M. (2021). Social Sciences & Humanities Open Exploring the context of teaching character education to children in preprimary and primary schools. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100171. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100171 [7] Iskandar, S., Rosmana, P. S., Nafira, A., & Habibina, I. Z. (2023). Sekolah Penggerak : Mempercepat Terwujudnya Profil Pelajar Pancasila. 3, 2702–2713. [8] Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). Hakikat pemb.matematika landasan teori. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25246403%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC4249520 [9] Rahmi. (2013). Konstribusi Matematika dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Ekotrans, 12(1), 31–38. [10] Rokhman, F., Hum, M., & Syaifudin, A. (2014). Character Education For Golden Generation 2045 ( National Character Building for Indonesian Golden Years ). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197 [11] Nur Bintari, P., & Darmawan, C. (2016). Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3670 [12] Suhana, A., Wardani, K. W., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Pengembangan Media Diorama Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Dimensi Bergotong Royong pada Pembelajaran IPS Materi Tindakan Heroik Mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. 5 [13] Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Quarterly Journal of Health Psychology, 8(32), 73–92. http://hpj.journals.pnu.ac.ir/article_6498.html [14] Muniroh, N. (2019). Implementansi Nilai Nasionalisme dan Gotong Royong dalam Mata Pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 10(1), 154–168. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id [15] Prasetyo Utomo, E. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran Ips Untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 95–102. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p095 [16] Nja, C. O., Anari, M. I., Erim, C. M., Idiege, K. J., Ilhami, A., Ukah, J. U., Eneyo, O. E., Uwe, U. E., & Cornelius-Ukpepi, B. U. (2023). Learning space, students’ collaboration, educational outcomes, and interest: Exploring the physical, social and psychological mediators. Heliyon, 9(4), e15456. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15456 [17] Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147 [18] Eliasa, E. I. (2014). Increasing Values of Teamwork and Responsibility of The Students Through Games : Integrating Education Character in Lectures. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123, 196–203. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1415 [19] Saputra, J. (2016). Perbandingan Pengaruh Teknik Pengelompokan Umum dan Fuzzy K-Means Clustering terhadap Manfaat Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 242–258. [20] Triansyah, A., Atmaja, N. M. K., Abdurrochim, M., & Bafadal, M. F. (2020). Peningkatan karakter kepedulian dan kerjasama dalam pembelajaran mata kuliah atletik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 145–155. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.31124 [21] Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021). [22] Ependi, S. (2018). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Sd Negeri 012 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 256. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6269 [23] Juniati, E. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill Dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas Vi Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 283. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291 [24] Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.