Pengembangan bahan ajar matematika berbasis diferensiasi konten untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar

Vivi Novatona, Riyadi Riyadi, Tri Budiharto

Abstract

This study aims to determine the process and results of the development of valid and practical mathematics teaching materials. This study uses the 4D model research and development method (Define, Design, Development, and Disseminate) by Thiagarijan. This research is only limited to the third stage, namely Development. Source of data in this research includes teachers of Class IV SD Negeri Karangasem IV Surakarta, material experts, media experts, and linguists. The result of this research is the development of valid and practical learning media obtained through the assessment of the validators. Material expert validators scored 86.9%, media experts 90,3%, and linguists 100%. While practicality is obtained from the assessment of teachers and students. Teacher assessment obtained a score of 90,5% and students 87,1%.

Keywords

development, material learning, differentiated instruction, elemntary school

Full Text:

PDF

References

[1] Masyhud 2016 Perubahan Kurikulum di Indonesia : Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang Ideal Raudhah 4(1) 49–70

[2] A. Javanisa, F. F. Fauziah, R. Melani, and Z. A. Rouf 2022 Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak Terhadap Motivasi Peserta Didik J. kalam Pendidik. PGSD Kebumen 1 34–47

[3] M. Ningrum, Maghfiroh, and R. Andriani 2023 Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah eL Bidayah J. Islam. Elem. Educ. 5(1) 85–100

[4] F. Insani, H. Nuroso, I. Purnamasari, F. P. Sarjana, and U. P. Semarang Analisis Hasil Asesmen Diagnostik sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang 9(2) 4450–4458

[5] P. Wiedarti 2018 Pentingnya Memahami Gaya Belajar, Seri Man. Gls Pentingnya Memahami Gaya Belajar. (Jakarta: Ditjen Dikdasmen).

[6] K. E. Rosyana, Riyadi, and M. I. Sriyanto 2022 Analisis Keaktifan Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Kelas V SDN Joho 01 Tahun Pelajaran 2021/2022 10(1) 19–24

[7] C. A. Tomlinson 2001 How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD)

[8] A. Adiwijayanti 2022 Pembelajaran Diferensiasi Mengoptimalkan Minat dan Bakat Anak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

[9] A. Prastowo 2013 Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Penerbit Diva Press

[10] Helfidayati 2016 Peran Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Pada Tema Pemanasan Global Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Universitas Pendidikan Indonesia

[11] A. N. Muzaki and T. Mutia 2023 Menilik Kebaharuan Kurikulum Merdeka Melalui Pengembangan Bahan Ajar Jambura Geo Educ. J. 4(1) 1–11

[12] Widiningsih and J. Abdi 2021 Pembelajaran Menyenangkan dan Bermakna pada Kondisi Khusus. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

[13] N. A. Indah L and G. Hamdu 2022 Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar PEDADIDAKTIKA J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar 9(3) 461–470

[14] Y. Widiastuti, Mohammad Rifki, and N. F. Arief 2023 Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi pada Materi Menulis Artikel Opini untuk Siswa SMA 19(1)

[15] Y. R. Utami 2023 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook dalam Menunjang Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Jambi

[16] R. Widiyasari, A. Astriyani, and K. V. Irawan 2020 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Media Evaluasi Thatquiz FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., 6(2) 131-154

[17] A. D. Mawartini, Riyadi, and J. Daryanto 2021 Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Waktu, Jarak, dan Kecepatan untuk SD Kelas V JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik. 7(3) 162–167

[18] J. Susilo, Riyadi, and Hadiyah 2023 Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline pada materi kecepatan dan debit untuk peserta didik kelas V sekolah dasar Didakt. Dwija Indria 11(1) 2003–2005

[19] Hasbi Azis 2019 Validitas, Reliabilitas, Praktikalitas, Dan Efektifitas bahan Ajar Cetak Meliputi Hand Out, Modul, Buku (Diktat, Buku Ajar, Buku Teks) J. Kaji. Pendidik. Ekon. dan Ilmu Ekon. 2(1) 1–19

[20] N. Apriyanti, R. Riyadi, and M. I. Sriyanto 2022 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar untuk Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik 8(1)

[21] K. A. Astiti, A. Supu, I. W. Sukarjita, and V. Lantik 2021 Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII, J. Pendidik. dan Pembelajaran Sains Indones 4(2) 112–120.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.