Implementasi pop up book dengan konten profil pelajar pancasila untuk meningkatkan konsep berkebhinekaan global pada peserta didik

Margaretha Intan Permatasari, Hasan Mahfud, Septi Yulisetiani

Abstract

Researchers used pop up books with profil pelajar pancasila to help students better understand the concept of berkebhinekaan global. This study is qualitative and uses the classroom action research approach. Data collection techniques include observation, tests, and documentation. Data validity testing techniques include content validity, triangulation of techniques, and sources. Data analysis is descriptive comparative by comparing the values of the pre-action test results of cycle 1, 2, and 3. Researchers also use interactive data analysis, which consists of collecting data, reducing data, presenting data, and verifying data. The results of the pre-action test showed a completeness of 7.14% of 2 students with a mean of 47.14. Then, in cycle one there was an increase in completeness of 39.29%, 11 students with a mean of 63.28. In the second cycle the completeness was 75%, a total of 21 students with a mean of 77.28. In the third cycle, the completeness was 89.29%, a total of 25 students with a mean of 80. According to the research that has been done, the use of pop up books with profil pelajar pancasila material in grade 4 SDN Setono, Surakarta in 2022/2023 can enhance comprehension of the concept of berkebhinekaan global.

Keywords

pop up book, profil pelajar pancasila, concept of berkebhinekaan global, Classroom Action Research

Full Text:

PDF

References

[1] Puspitaningsih L and Xiaoyan J 2022 Profil Pelajar Pancasila dalam Peribahasa Indonesia yang Mengandung Unsur Makanan dan Cita Rasanya Arif J. Sastra Dan Kearifan Lokal 1 (2) pp. 282303
[2] Edi B P 2018 Manusia Sebagai Subjek dalam Pendidikan Kebhinekaan J. Edukasi 5 (1) pp. 3234
[3] Fakhiratunnisa S A, Arista V A, and Widopuspito A 2022 Pluralisme dan Integrasi Agama dalam Kebhinekaan dan Keberagaman Indonesia J. Penelit. Guru Indones. 2 (1) pp. 6779
[4] Sadhana I P G 2022 Perancangan Puzzle untuk Menanamkan Nilai Kebhinekaan pada Anak Usia 6-10 Tahun J. Seni dan Desain 4 (2) pp. 139145
[5] Sukarni 2021 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penggunaan Faktor Prima untuk Menentukan KPK dan FPB Melalui Tutor Sebaya dan Media Pembelajaran Kartu Bilangan Kelas VI Sekolah Dasar J. Pendidik. Indones. J. Imliah Pendidik. 7 (3) pp. 187192
[6] Rizkyani M and Wulandari I 2022 Arfedo Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Karakter Kebhinekaan Global dalam Mensukseskan Profil Pelajar Pancasila Jenjang SD Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser. 5 (2) p. 146
[7] Susilo J, Riyadi, and Hadiyah 2023 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Materi Bangun Ruang Sederhana Kelas V Sekolah Dasar Didakt. Dwija Indria 11 (1) pp. 16
[8] Hamid M A, Ramadhani R, Juliana M, Safitri M, Jamaludin M M, and Simarmata J 2020 Media Pembelajaran, 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis
[9] Pakpahan A F et al. 2020 Pengembangan Media Pembelajaran, 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis
[10] Nuralifah R, Rukayah R, and Saputri D Y 2022 Analisis Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II Sekolah Dasar J. Pendidik. Dasar 10 (2) pp. 16
[11] Nurrita T 2018 Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa J. Misykat 3 (1) p. 171 doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.
[12] Rulyansah A, Wardana L A, and Hasanah I U 2019 Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up dengan Menggunakan Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Materi Lingkungan Sekitar Kelas III SDI Darul Hidayah Pedagog. J. Ilm. Ilmu Pendidik. 6 (1) pp. 5359
[13] Alviolita N W and Huda M 2019 Media Pop Up Book dalam Pembelajaran Bercerita J. Pendidik. Bhs. Indones. 7 (1) p. 49 doi: 10.30659/j.7.1.49-57.
[14] Rahman I N, Hidayat S, and Nulhakim L 2020 Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar J. Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran 7 (2) pp. 99110
[15] Febriani M 2021IPS dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi) Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform. 7 (1) p. 61 doi: 10.37905/aksara.7.1.61-66.2021.
[16] Siswanto and Suyanto 2017 Metode Penelitian Kombinasi Kualitatif & Kuantitatif Pada Penelitian Tindakan (PTK & PTS), 1st ed. Klaten: Bossscript
[17] Septianti R D, Matsum J H, and Syahrudin H 2022 Pengaruh Antara Penggunaan Variasi Metode Mengajar oleh Guru Ekonomi terhadap Minat Belajar Peserta Didik J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa 11 (1) pp. 18 doi: 10.26418/jppk.v11i1.51764.
[18] Arifin S 2016 Perkembangan Kognitif Manusia dalam Perspektif Psikologi dan Islam Tadarus J. Pendidik. Islam 5 (1) pp. 5067 doi: http://dx.doi.org/10.30651/td.v5i1.350.
[19] Tafonao T 2018 Peranan Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa J. Komun. Pendidik. 2 (2) pp. 103114
[20] Yolanda S, Winarni R, and Yulisetiani S 2022 The New Way Improve Learners Speaking Skills: Picture and Picture Learning Media Based on Articulate Storyline J. Educ. Technol. 6 (1) pp. 173181 doi: 10.23887/jet.v6i1.41452.
[21] Astuti E W, Rohmatun I N, Pratiwi A R E, Nugrahani D W, Lastomo D P, and Yulisetiani S 2022 Fruit Audio Aroma: Innovative Learning Media For Optimizing The Sense Of Touch, Listening, And Smell In Blind Children J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik. Luar Biasa 9 (1) p. 26 doi: 10.17977/um029v9i12022p26-32.
[22] Dewi L and Fauziati E 2021 Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky J. Papeda J. Publ. Pendidik. Dasar 3 (2) pp. 163174 doi: 10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207.
[23] Sholeh M 2019 Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar J. Gentala Pendidik. Dasar 4 (1) pp. 138150 doi: 10.22437/gentala.v4i1.6979.
[24] Arum R A S and Yuanta F 2019 Pengaruh Media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman di Negeriku in Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan 2019 Buku II pp. 18.
[25] Umam N K, Bakhtiar A M, and Iskandar H 2019 Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan Trapsila J. Pendidik. Dasar 1 (2) p. 1 doi: 10.30742/tpd.v1i02.857.
[26] Goestiani N M R D, Wibawa I M C, and Rati N W 2021 Pop-Up Book Media on Animal Life Cycle Topic J. Ilm. Sekol. Dasar 5 (3) p. 434 doi: 10.23887/jisd.v5i3.39541.
[27] Sari D H N and Yulisetiani S 2022 Integrasi kemampuan berpikir kritis dalam rubric pengetahuan majalah bobo dan implementasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia SD Integration of critical thinking skills in the knowledge rubric of Bobo J. Fundadikdas (Fundamental Pendidik. Dasar) 5 (3) pp. 160173
[28] Mustofa R and Syafiah R 2018 Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Pokok Kenampakan Permukaan Bumi pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 1 Banaran Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung ELSE (Elementary Sch. Educ. Journal) J. Pendidik. dan Pembelajaran Sekol. Dasar 2 (2) pp. 3041 doi: 10.30651/else.v2i2.1723.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.