Penerapan model project based learning (pjbl) untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar
Abstract
The aim of this classroom action research is to describe the application of the project based learning model and increase the active learning of students in class V at SDN Kalijoso. This research involved teachers and all fifth grade students at Kalijoso Elementary School, totaling 26 students. Interviews, documentation and observations were used to collect data. Source and technical triangulation is used to determine the validity of the data. Interactive data analysis as a data analysis method. The findings of this study show that the implementation of the project based learning model is carried out according to steps including (1) starting with basic questions, (2) making a product plan, (3) making a schedule, (4) monitoring, (5) testing product results, ( 6) evaluation of experience. The application of the Project Based Learning (PjBL) model can increase students' learning activeness through three cycles. The average pre-action learning activity was 31.95% then increased in the first cycle to 58% and increased in the second cycle to 76.27% and again increased in the third cycle to 88.45%.
Kata kunci: project based learning, active learning, science learning, elementary school
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] S. J. Rahayu, S. Sukarmin, and P. Karyanto 2019 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Sekolah Menengah Pertama Di Surakarta Edusains 11 (2) 279–285
[2] Daryanto 2013 Media Pembelajaran Yogyakarta: Gava Media
[3] T. Perwitasari 2023 Analisis Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Detective Spongebob Pada Materi Avertebrata J. Sos. Dan Sains 3(4) 338–344
[4] A. Rahmawati, J. Siti Poerwanti, and Sularmi 2022 Penerapan model pembelajaran NHT untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi satuan kecepatan di sekolah dasar J. Pendidik. Dasar 10(2) 78–81
[5] E. N. Busa 2023 Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas J. Sos. Hum. dan Pendidik 2(2) 114–122
[6] F. Kristin 2017 Keberhasilan Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Keaktifan Dalam Perkuliahan Dengan Menggunakan Pembelajaran J. Pendidik. Dasar PerKhasa 3(2) 405–413
[7] A. D. Prasetyo and M. Abduh 2021 Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar J. Basicedu 5(4) 1717–1724
[8] A. Wahab, S. Suhartini, and B. Buhaerah 2022 Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika J. Ilm. Pendidik. Mat. Al Qalasadi 6(1) 9–15
[9] F. Ibda 2015 Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget Intelektualita 3(1) 28-38
[10] Mashadi 2019 Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Tubuh Sehat melalui Metode Pembelajaran Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Kelas I Semester 1 SDN Ngiyono Tahun Pelajaran 2016/2017) JPI (Jurnal Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., 5(1) 116–122
[11] Y. F. Anggraeni, Kartono, and I. R. W. Atmojo 2017 Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan Pembelajaran IPA Pada Siswa Sekolah Dasar Didakt. Dwija Indria 5(6) 88–95
[12] F. Ramadhani 2020 Penerapan model pembelajaran Project Based Learning Untuk meningkatkan hasil belajar IPA dalam pembelajaran daring di kelas IX SMP,” J. Pelita Pendidik 8(4) 237–243
[13] R. Firmansyah, L. Marlina, and D. Dwikoranto 2023 Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Energi dan Perubahannya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Kertosono PENDIPA J. Sci. Educ 7(1) 80–86
[14] S. Arikunto 2019 Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
[15] M. Faturrohman 2015 Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 1st ed. Yogyakarta: Kalimedia
[16] S. Syamsidar, Maruf, and R. Hustim 2018 Pembelajaran Fisika Berbasis Cone of Experience Edgar Dale J. Pendidik. Fis 6(1) 1–12
[17] N. Audie 2019 Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Posiding Semin. Nas. Pendidik. FKIP 2(1) 586–595
[18] A. M. D. Ngongo 2022 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Kimia Indones. J. Educ. Dev 3(1) 16–24
[19] Rachmawati and A. P. Anugraini 2022 Pendampingan Belajar Bangun Geometri Dengan Perangkat MAR (Mathematic Augmented Reality) JPM PAMBUDI J. Pengabdi. Kpd. Masy 1 (11) 108–111
[20] B. Subagiya 2022 Pengembangan kurikulum dan teori-teori belajar di program studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor Idarah Tarb. J. Manag. Islam. Educ., 3(2) 69–86
[21] Marselus 2021 Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Multimedia Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di SMK Negeri 1 Mempawah Hulu J. Penelit. Inov 1(1) 21–34
[22] E. Fatmawati 2023 Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Project Based Learning (PjBL) J I P P J. ILMU Pendidik. DAN Psikol 1(1) 20–27Refbacks
- There are currently no refbacks.