Analisis unsur-unsur intrinsik dalam karangan narasi peserta didik kelas IV sekolah dasar

Aufa Birlina, Slamet Slamet, Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ketuntasan unsur intrinsik, (2) mendeskripsikan faktor-faktor penyebab ketidaklengkapan unsur intrinsik karangan narasi siswa pada karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri Karangasem 1. Penelitian ini bertujuan untuk: penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis dokumen dan wawancara terhadap 25 siswa kelas IV SD. Hasil penelitian dari dokumen karangan narasi siswa berupa unsur intrinsik meliputi tema, tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang dan pesan. latar suasana 23 siswa, sudut pandang orang pertama 22 siswa, sudut pandang orang ketiga 2 siswa, sudut pandang orang pertama dan ketiga 1 siswa, pesan tersirat 4 siswa dan pesan eksplisit 2 siswa.Terdapat 25 siswa menggunakan tema, 25 tokoh utama dan 24 tokoh pendukung, 23 siswa menggunakan penokohan, 23 siswa alur maju dan 2 siswa alur mundur, 21 siswa latar waktu, 25 siswa latar tempat, Faktor penyebab ketidaklengkapan unsur intrinsik adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap unsur intrinsik karangan narasi, rendahnya motivasi siswa untuk menulis karangan narasi, dan siswa cenderung lebih suka bercerita daripada menulis.

Full Text:

PDF

References

[1] Dalman, Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015. [2] S. . Slamet, Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Kelas Rendah Dan Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Surakarta: Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press), 2017. [3] RS Elisa, A. Sutisnawati, and I. Nurasiah, “Jurnal perseda,” J. Persada, vol. III, tidak. 3, hlm. 115–120, 2020. [4] DR Yuliawati, AG Prawiyogi, and AS Anwar, “Analisis Kesalahan dalam Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar,” vol. 1, tidak. 1, hlm. 87–98, 2020. [5] FH Malik, “Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Curahmalang 1 Kabupaten Jombang,” Repos. Univ.Negeri Malang, 2018. [6] PD Lestari, “Analisis Unsur - Unsur Intrinsik dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Bunulrejo,” Repos. Univ. Negeri Malang, 2019. [7] NS Silviani, Elsa., Rajji K. Adireja, Eko Fajar Suryaningrat, Anggun Nurbayanti, “Analisis Isi Karangan Narasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Penelitian Deskriptif pada Siswa Kelas V SDN 1 Sindangsari Tahun AJaran 2020/2021),” SHE's Conf. Ser., vol. 5, tidak. Cuplikan 2021, hlm. 651–657, 2022. [8] Keraf, Argumentasi dan Narasi. PT GRAMEDIA: Jakarta, 2001. [9] AA Kristanti, “TEKS NARASI SISWA,” 2021. [10] Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Ke-3. ALFABETA,CV, 2020. [11] LJ Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, 35th ed.PT REMAJA ROSDAKARYA, 2016. [12] A. Lauma, “Unsur-unsur Intrinsik Cerita Pendek 'Protes' Karya Putu Wijaya,” J. Elektron. Fak. Universitas Sastra Sam Ratulangi, vol. 1, tidak. 5, hlm. 5–8, 2014. [13] D. Hairuddin dan KD Radmila, “Hakikat Prosa dan Unsur-Unsur Cerita Fiksi,” J. Bhs., vol. 1, tidak. 1, hlm. 1–6, 2018. [14] M. dan S. Riani, Ucha, “Analisis Tokoh Dan Penokohan Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara,” J. Ilm. Nona Jur. PBSI, vol. 1, tidak. 4, hal. 144–153, 2016. [15] FM Mamonto, SF Lensun, dan SC Aror, “Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Novel Izana Karya Daruma Matsuura,” SoCul Int. J.Res. Soc. Isu, vol.Kultus.1, tidak. 3, hlm. 214–224, 2021, [Online]. Tersedia: https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/socul/article/view/2641 [16] I. Nurrachman, Wika Nengsih, dan RY Mahardika, “Analisis Unsur Intrinsik Cerpen' Dilarang Menyanyi Di Kamar Mandi ' Karya Seno Gumira Ajidarma,” Parole, vol. 3, tidak. November, hlm. 859–870, 2020. [17] MH Pratama, Ricky, Bukhari, “Kemampuan Memunculkan Unsur Intrinsik Cerita Pendek Siswa Kelas VSD Negeri 16 Banda Aceh,” J. Ilm. Pendidik. Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, vol. 5, tidak. 3, hlm. 248–253, 2020. [18] I. Putriani, “Analisis Unsur Intrinsik Dan Nilai-Nilai Kehidupan Pada Cerita Fiksi Kontemporer Mahasiswa,” Konstr. J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 11, tidak. 1, hlm. 66–77, 2019, doi: 10.35457/konstruk.v11i1.671. [19] DW Derry dan KE Putra, “Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 1, tidak. 1, hlm. 25–37, 2019, doi: 10.31004/jpdk.v1i1.338. [20] RH Nisrina, M. Kasmad, and ..., “Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Renjana Pendidik. …, hlm. 546–555, 2021, [Online]. Tersedia: http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1920 Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 11, tidak. 1, hlm. 66–77, 2019, doi: 10.35457/konstruk.v11i1.671. [19] DW Derry dan KE Putra, “Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 1, tidak. 1, hlm. 25–37, 2019, doi: 10.31004/jpdk.v1i1.338. [20] RH Nisrina, M. Kasmad, and ..., “Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Renjana Pendidik. …, hlm. 546–555, 2021, [Online]. Tersedia: http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1920 Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 11, tidak. 1, hlm. 66–77, 2019, doi: 10.35457/konstruk.v11i1.671. [19] DW Derry dan KE Putra, “Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 1, tidak. 1, hlm. 25–37, 2019, doi: 10.31004/jpdk.v1i1.338. [20] RH Nisrina, M. Kasmad, and ..., “Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Renjana Pendidik. …, hlm. 546–555, 2021, [Online]. Tersedia: http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1920 Pendidik. dan Konseling, vol. 1, tidak. 1, hlm. 25–37, 2019, doi: 10.31004/jpdk.v1i1.338. [20] RH Nisrina, M. Kasmad, and ..., “Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Renjana Pendidik. …, hlm. 546–555, 2021, [Online]. Tersedia: http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1920 Pendidik. dan Konseling, vol. 1, tidak. 1, hlm. 25–37, 2019, doi: 10.31004/jpdk.v1i1.338. [20] RH Nisrina, M. Kasmad, and ..., “Analisis Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Renjana Pendidik. …, hlm. 546–555, 2021, [Online]. Tersedia: http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.