Analisis kesalahan ejaan bahasa jawa pada karangan narasi peserta didik kelas v sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Maruti ES. Pembelajaran bahasa jawa di sekolah dasar. 3rd ed. Riyanto E, editor. Magetan: CV. Ae Media Grafika; 2022. 167 p.
Haryati et al. Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Semin Nas Has Penelit (SNHP)-VII Lemb Penelit dan Pengabdi Kpd Masy. 2017;547.
Nadhiroh U. Peranan Pembelajaran Bahasa Jawa Dalam Melestarikan Budaya Jawa. JISABDA J Ilm Sastra dan Bhs Daerah, Serta Pengajarannya. 2021;3(1):1–10.
Oktaviani, Fenny. Rohmadi MP. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MIPA. Pendidik Bhs dan Sastra Indones. 2018;Vol. 6(3):94–109.
Pamungkas MD, Suhita R, Sulaksono D. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI BERBAHASA JAWA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING DAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS IT PADA SISWA KELAS VII E SMP N 1 BANYUDONO. Sabdasastra J Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa. 2022;5(1):90-106.
Cahyani A, Dewi NK, Setiawan H. Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pada Teks Narasi Siswa Kelas V SDN 13 Manggelewa Kabupaten Dompu. Pendagogia J Pendidik Dasar. 2021;1(1):41–9.
Sermsook K, Liamnimitr J, Pochakorn R. An Analysis of Errors in Written English Sentences : A Case Study of Thai EFL Students. English Language Teaching 2017;10(3):101–10.
Rahmaningsih P. Mengajarkan Ejaan pada Siswa Sekolah Dasar. J Ilm Guru Caraka Olah Pikir Edukatif. 2016;20(1):60–9.
Ratu AK, Sulanjari B. Analisis Teks Narasi Pada Buku Marsudi Basa lan Sastra Jawa Kelas VII Terbitan Erlangga Tahun 2014. Kaloka. 2022;1(2):34–42.
Slamet SY. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar. Surakarta: UNS Press; 2017.
Setyowati ID, Sulistiyawati E, Cahyaningrum GR. ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA TATARAN FONOLOGI DALAM LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA. J Bind Sastra. 2019;3(1):1–13.
Savitri DT. ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN PADA KARANGAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidik Guru Sekol Dasar. 2019;37:3.686–3.696.
Apriliana AC, Martini A. Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Sumedang Selatan. Prim J Pendidik Guru Sekol Dasar. 2018;7(2):227.
Restiyanti D, Purnomo E, Budi A, Fakhrur M. Menggali nilai karakter dalam ungkapan hikmah di sekolah dasar se-Karesidenan Surakarta. J Fundadikdas (Fundamental Pendidik Dasar). 2021;4(3):241–55.
Satiti SD, Hendrokumoro H. Penyimpangan Ortografi Bahasa Jawa pada Media Sosial Instagram. Diglosia J Kaji Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 2022;5(2):437–52.
Ardila RR, Agustine A, Rosi. Analisis Tingkat Interferensi Bahasa Indonesia pada Anak Usia 12 Tahun Berdasarkan Perbedaan Latar Belakang Bahasa Kedua Orang Tua. Parole. 2018;1(4):651–8.
Rochmadi I. Error Analysis of English Written Text of Higher Level English Foreign Language Learners. Int J English Learn Appl Linguist. 2020;1(1):44.
Setyawan I. Sikap Generasi “Z” terhadap bahasa Jawa: Studi kasus pada anak-anak usia Sekolah Dasar di kota Semarang. J Ilm Komun Makna. 2019;7(2):30.
Sari FP. Kesalahan Menulis Karangan Pengalaman Pribadi Berbahasa Jawa Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Purworejo. J Progr Stud Pendidik Bhs dan Sastra Jawa. 2016;8(03):97–105.
Gayo H, Widodo P. An analysis of morphological and syntactical errors on the English writing of junior high school Indonesian students. Int J Learn Teach Educ Res. 2018;17(4):58–70.
Refbacks
- There are currently no refbacks.