Implementasi Pembelajaran Daring Muatan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Erwinsyah, “Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru,” Tadbir J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 1, pp. 69–84, 2017. [2] M. Hasbi and W. Sumarni, “Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19,” in Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2020, pp. 298–303. [3] A. S. Syarifudin, “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing,” J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones. Met., vol. 5, no. 1, pp. 31–34, 2020. [4] X. Zhu and J. Liu, “Education in and After Covid-19 : Immediate Responses and Long-Term Visions,” 2020. [5] N. P. Sari and E. C. Makaria, “Tantangan Guru pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2962–2969, 2022. [6] S. Aminah, “Sinergitas Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Guru, vol. 2, no. 1, 2021. [7] A. Wardani and Y. Ayriza, “Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 772, 2020. [8] T. A. P. Dewi and A. Sadjiarto, “Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19,” J. basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1909–1917, 2021. [9] N. Nurkolis, “Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 212, 2020. [10] Hemafitria, “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan,” J. Pendidik. Kewarganegaraan, vol. 1, no. 1, pp. 44–57, 2017. [11] M. I. Rosyada, I. R. W. Atmojo, and D. Y. Saputri, “Dampak implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) mengenai kualitas pembelajaran ipa di sekolah dasar pada masa pandemi covid-19,” Didakt. Dwija Indria, vol. 9, no. 4, 2021. [12] C. Pratomo and A. Gumantan, “Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Olahraga Selama Pandemi Covid-19 Smk Smti Bandar Lampung,” J. Phys. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 26–31, 2021. [13] H. B. Uno, Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2023. [14] C. G. Gentry, Introduction to Instructional Development: Process and Technique. Belmont: Wadsworth Publishing Company, 1994. [15] W. N. Nasution, “Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan Dan Prosedur Wahyudin Nur Nasution,” ittihad, vol. 1, no. 2, pp. 185–195, 2017. [16] A. Achadah, “Evaluasi dalam pendidikan sebagai alat ukur hasil belajar,” An-Nuha J. Kaji. Islam. Pendidikan, Budaya dan Sos., vol. 6, no. 1, pp. 97–114, 2019. [17] P. Wulandari, M. Maswani, and H. Khotimah, “Google form sebagai alternatif evaluasi pembelajaran di SMAN 2 Kota Tangerang,” in Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2019, pp. 421–425. [18] S. L. Iftitah, Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Iain Batusangkar, 2021. [19] K. D. Setyaningsih, K. I. Eka, and B. Badarudin, “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Di SD Negeri Karangrena 03,” J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.