Keefektifan peran guru dalam pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19 pada kelas V di sekolah dasar
Abstract
Abstract. The phenomenon of the COVID-19 pandemic has an impact in the field of education regarding the determination of the learning process in schools. Learning during the COVID-19 pandemic was carried out in two forms, namely, distance learning (PJJ) and face-to-face learning (PTM). In post-COVID-19 pandemic conditions, all educational institutions implement a face-to-face learning system while still complying with health protocols. This qualitative research with a case study approach aims to describe the effectiveness of the teacher's role in face-to-face learning after the COVID-19 pandemic in Class V at Plakaran Elementary School and describe the supporting and inhibiting factors in the implementation of the teacher's role. Data collection using interview techniques, observation, and documentation The results of this study show that the role of teachers in face-to-face learning after the COVID-19 pandemic in Class V of Plakaran Elementary School can be said to be effective because in carrying out their role, teachers have achieved indicators of the effectiveness of teacher roles and indicators of the effectiveness of face-to-face learning.
Keywords: Teacher Role, Face-To-Face Learning, Effective, Elementary School
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Y. Alpian, S. W. Anggraeni, U. Wiharti, dan N. M. Soleha 2019 Pentingnya Pendidikan bagi Manusia J.Buana Pengabdian 1(1).
[2] M. Arnani 2022 Kapan Corona Masuk Indonesia Pertama Kali KOMPAS (diakses: 30 Mei 2023) https://www.kompas.com/sains/read/2022/09/02/110300823/kapan-corona-masuk- indonesia-pertama-kali-?page=all.
[3] R. Haryadi dan F. Selviani 2021 Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid- 19 J.Academy of Education 12(2) pp 254–261.
[4] T. A. Ilahi, M. E. Setiawan, dan E. Sastria 2022 Analisis Kondisi Belajar Siswa pada Pandemi Menuju Pasca Pandemi di SMA Negeri 5 Sungai Penuh J.Biology Education Research 3(1) pp 27–37.
[5] B. Septania, S. Marmoah, dan Hadiyah 2022 Analisis Perencanaan Pendidikan Karakter Peserta didik di Kelas V Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 J.Didaktika Dwija Indria 10(4).
[6] R. M. Nurcahyani, S. Utaminingsih, dan E. A. Ismaya 2022 Analisis Pembelajaran Tematik Kelas IV pada Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Dasar J. Ilmu Pendidikan 4(4) pp 5674- 5684 (doi: 10.31004/edukatif.v4i4.3210).
[7] J. Alimuddin dan W. Pratiwi 2022 Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar J.Ilmiah Kontekstual1 4(1) pp 1–8.
[8] E. B. Andana, S. Marmoah, dan D. Sularmi 2022 Analisis Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar J.Didaktika Dwija Indria 10(1) (doi: 10.20961/ddi.v10i1).
[9] A. Buchari 2018 Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran J.Ilmiah Iqra’ 12(2) pp 106- 124.
[10] T. Sukitman, A. Yazid, dan Mas’odi 2020 Peran Guru pada Masa Pandemi Covid-19 Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional pp 91-95 (Sumenep: STKIP PGRI Sumenep) https://www.kompasiana.com/dewiqraf/5e81872102c9f046bd5b0732/peran-guru-ditengah- pandemi-covid-.
[11] U. Sidiq dan M. Choiri 2019 Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (Ponorogo: CV. Nata Karya).
[12] E. Supini 2021 Indikator Keberhasilan Guru dalam Mengajar (diakses 26 Oktober 2022). https://blog.kejarcita.id/indikator-keberhasilan-guru-dalam-mengajar.
[13] A. Nurul 2017 Peranan Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Tanete Rilau Kec.Tellumpanua Kab.Barru Skripsi (Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar).
[14] Widowati 2022 Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP melalui Supervisi Akademik dengan Teknik Pertemuan Individual di Sekolah Dasar J.Pendidikan Dasar 10(1) (doi: 10.20961/jpd.v10i2).
[15] A. Haris 2018 Hubungan Penguasaan Materi Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di MTsN Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun 2018 J.Penelitian dan Pemikiran Keislaman 6(1) pp 40–50.
[16] M. R. Masdul 2018 Komunikasi Pembelajaran J.Ilmu Kependidikan dan Keislaman 13(2) pp 1–9.
[17] N. F. Family 2018 Peran Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di MTsN 4 Blitar Skripsi (Tulungagung: FTIK IAIN Tulungagung).
[18] T. P. Asih, P. Rintayati, dan F. P. Adi 2022 Analisis Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar J.Pendidikan Indonesia 8(1) (doi: 10.20961/jpi.v8i1.60196).
[19] Dimyati & Mudjiono 1999 Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: PT Rineka Cipta).
[20] C. Kyriacou 2009 Effective Teaching: Theory and Practice (United Kingdom: Nelson Thornes, Ltd).
[21] C. Rahmantri, S. B. Kurniawan, dan T. Budiharto 2022 Analisis Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid- 19 J.Pendidikan Indonesia 8(3) (doi: 10.20961/jpi.v8i3).
[22] S. A. Fauzi dan D. Mustika 2022 Peran Guru sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar J.Pendidikan dan Konseling 4(3) pp 2492–2500.
[23] A. Abdullah dan Z. Fahmi 2022 Peran Guru sebagai Motivator dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa J.Al-Fikrah 11(1) pp 29–44.
[24] Y. S. Utami 2013 Peran Guru dalam Menciptakan Pembelajaran yang Efektif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kranggan 2 Kota Mojokerto Skripsi (Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).
[25] N. Jayanti 2013 Optimalisasi Peranan Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran secara Efektif di Madrasah Tsanawiyah Yapis Palemba Desa Kalepadang Kecamatan Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar Skripsi (Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar).
Refbacks
- There are currently no refbacks.