Peran orang tua dalam kesiapan belajar peserta didik kelas I selama pembelajaran daring

Rusyda Nur Rahmawati, Sri Marmoah, Hadiyah Hadiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua terhadap kesiapan siswa kelas I pada pembelajaran daring di SD Djama'atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah orang tua dan siswa kelas 1A SD Djama'atul Ichwan Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Validasi yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran penting dalam kesiapan belajar siswa kelas I selama pembelajaran daring. Indikator kesiapan belajar siswa adalah kondisi fisik, kondisi mental, kondisi emosional, pengetahuan, kebutuhan, dan motivasi. Kesimpulannya, peran orang tua dalam membentuk kesiapan belajar siswa adalah sebagai fasilitator, motivator, pembimbing, dan pengawas.

Keywords

parental role; learning readiness; online learning; elementary school

Full Text:

PDF

References

Yuliana, “Corona virus diseases (Covid -19); Sebuah tinjauan literatur,” vol. 2, no. February, pp. 187–192, 2020. C. Carrillo and M. A. Flores, “COVID-19 and teacher education : a literature review of online teaching and learning practices,” 2020, doi: 10.1080/02619768.2020.1821184. A. Yates et al., “High school students ’ experience of online learning during Covid-19 : the influence of technology and pedagogy 19 : the influence of technology and pedagogy,” Technol. Pedagog. Educ., vol. 30, no. 1, pp. 59–74, 2021, doi: 10.1080/1475939X.2020.1854337. R. Jayatra, Yuline, and L. Wicaksono, “Analisis kesiapan belajar pada siswa kelas viii sekolah menengah pertama negeri 1 serasan timur tahun ajaran 2018,” p. 1, 2018. D. Istiadaningsih, Adisel, and S. Fitriana, “PERAN ORANG TUA DALAM MENSUKSESKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III SEKOLAH DASAR,” vol. 4, pp. 22–30, 2021. F. Pantan and P. I. Benyamin, “Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19,” vol. 3, no. 1, pp. 13–24, 2020. J. Borup, C. Chambers, and R. Srimson, “Online Teacher and On-site Facilitator Perceptions of Parental Engagement at a Supplemental Virtual High,” vol. 20, no. 2, 2019. A. Kusumastuti and A. M. Khoiron, “METODE PENELITIAN KUALITATAIF,” p. 283, 2019. H. Prakawati, E. Puspitasari, and Z. N, “Analisis Perilaku Belajar Anak Usia Dini Ketika Epidemi Covid 19 di TK dan RA At-Thoyyibah Desa Simpang Beringin,” vol. 5, pp. 9745– 9757, 2021. E. Widiarti, “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X ILMU- ILMU SOSIAL DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN, BANTUL,” 2018. Pujiman, Rukayah, and Matsuri, “Penerapan prinsip manajemen kelas dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar,” pp. 124–128. P. Rahayu, Rukayah, and E. S. Markamah, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Peni Rahayu 1) , Rukayah 2) , Endang Sri Markamah 3),” pp. 1–6. E. B. Andana and S. Marmoah, “Analisis peran guru dalam memotivasi belajar peserta didik kelas iv sekolah dasar,” no. 36. A. R. Valeza, “PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ANAK DI PERUM TANJUNG RAYA PERMAI KELURAHAN PEMATANG WANGI KECAMATAN TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG,” 2017. S. Ummariah, A. Sofiarini, A. Yuneti, and L. Charli, “ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI SISWA DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID -19 KELAS V SD NEGERI 2 MARGA SAKTI,” 2022. E. Kurniati, D. K. N. Alfaeni, and F. Andriani, “Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19,” vol. 5, no. 1, pp. 241–256, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.541. Y. Saputri, “PERAN PENGAWASAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MTS AL-AMIN LABOKEO KABUPATEN KONAWE SELATAN,” 2017. I. Ihsani, M. B. Santoso, I. K. Sosial, F. Ilmu, and I. Politik, “EDUKASI SANITASI LINGKUNGAN DENGAN MENERAPKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ( PHBS ) PADA KELOMPOK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN ASUH ANAK MUSLIM AR-RIDHO TASIKMALAYA,” pp. 289–296, 2019. R. Adriansyah, “PENGAWASAN ORANG TUA PADA AKTIVITAS ANAK SEKOLAH DASAR DALAM MEGGUNAKAN MEDIA INFORMASI INTERNET DI SD PUTRA 1 JAKARTA TIMUR,” 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.