Analisis faktor kesulitan membaca permulaan pada peserta didik kelas II sekolah dasar

Prisna Dwi Herfiani, Peduk Rintayati, Fadhil Purnama Adi

Abstract

The purpose of this study are 1) to identify early reading difficulties factors in SDN 2 Sumberingin and 2) the ways to overcome early reading difficulties. This research is using qualitative research with a case study approach. The subject in this research is 2nd-grade students. Data collection techniques using tests, observation, and interviews. Based on data from this research, the results show that 4 students still have reading difficulties. The difficulties such as identifying letters, having errors in pronouncing sentences, unfluent reading, and wrong intonation. The error are caused by some factors, such as physique factor, psychology, the teacher, environment, and facilities infrastructure. Efforts that can be made are monitoring by parents and giving rewards so that students' interest increases when learning to read. While in school, teachers can provide additional lesson hours and provide methods and media that can support reading skills.

Keywords

early reading difficulties, factors, elementary school

Full Text:

PDF

References

M Suardi 2018 Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

F Fauzi 2018 Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 95–105. https://doi.org/10.21009/pip.322.2

R Rakimahwati 2018 Pelatihan Pembuatan Boneka Jari Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Kecamatan V Koto Kampung dalam Kabupaten Padang Pariaman. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1-11.

Dalman 2017 Keterampilan Membaca. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Allen K. Eileen and R. Marotz Lynn 2010 Profil Perkembangan Anak: Prakelahiran hingga Usia Tahun (Terj). Jakarta, PT Indeks

R S Soleha, Enawar, D Fadillah and Sumiyani 2021 Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58–62. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.50

E Nuraini, E Oktrifianty and Y Fathurrohmah 2021 Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sd Negeri Poris Pelawad 2. YASIN : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(1), 88–95. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/yasin

N Rafika and K M Lestari 2020 Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 301–306.

T Ariyati 2014 Peningkatan kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 47-54.

M Abdurrahman 2012 Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

L H Hadiana, S M Hadad, and I Marlina 2018 Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73

H S Mawardi 2019 Faktor-Faktor Penunjang Kemampuan Belajar Di Sekolah Dasar Negeri Lae Langge Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2).

Z Fahmy, A P Y Utomo, Y E Nugroho, A T Maharani, N A Alfatimi, N I Liyana, R G Kesuma, and T Wuryani 2021 Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121–126. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.48469

N M Aryandani, L P Mahadewi and I M Wibawa 2021 Minat Baca dan Peran Orang Tua di Masa Pandemi COVID19 Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 459. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.370

Daryanto 2013 Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

C Hasanudin and E L Puspita 2017 Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui Media Aplikasi Bamboomedia BMGames Apps. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618

N Septianti and R Afiani 2020 Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

S Yawu, Efendi and S Barasandji 2017 Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Permainan Bahasa di Kelas I SDN Mire. Jurnal Kreatif Tadaluko Online, Vol. 5 No.(2), h. 28-51.

R Ananda 2019 Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

D Laelasari 2019 Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Negeri Cemplang Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, I(1), 1–18. https://doi.org/10.17467/jdi.v2i2.120

N Sa’adah, Syahrial and Sumianto 2021 Analisis Faktor Lingkungan Sekolah yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 299–309. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2067

Slameto 2010 Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka. Cipta.

L S Aulia and R Munajah 2021 Studi Deskriptif Membaca Permulaan Di Kelas Ib Sdn Pancoran 07 Pagi Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Dasar, 5(1), 67–76.

I Magdalena, A F Shodikoh, A R Pebrianti, A W Jannah amd I Susilawati 2021 Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325.

S Hariadi 2017 Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Lcd Proyektor Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ips. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 11(1), 100–110.

A Lilawati 2020 Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549.

Rusdiana and Arisal 2018 Peran Orang tua dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Tingkat Sekolah Dasar (pp. 320–327).

A Pinantoan 2013 The Effect of Parental Involvement In School and Education.

I N Isnaini, N W Rati, and K Suranata 2020 Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. J. Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(1), 84–91.

P W Ningsih and F Dafit 2021 Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 508. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41379

T N Mufidah 2018 Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Media Big Book Pada Siswa Kelas III SD Negeri Bero Klaten. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(7), 657.

F J Madu, M Jediut, and E Sennen 2018 Keefektifan Tambahan Jam Pelajaran Pada Siswa Kelas Tinggi Yang Berkesulitan Membaca Dan Menghitung Di Sdk Waepeca Ting. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 162.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.