Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Oktavia Elisa Ana, Sandra Bayu Kurniawan, Tri Budiharto

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian siswa Kelas III SD Negeri Panularan No.06 Surakarta. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model dari Kemmis and Mc Taggart yang memiliki empat tahapan pada setiap siklusnya, seperti perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Model penelitian Kemmis and Mc Tanggart merupakan bagian dari konsep dasar yang diterbitkan oleh  Krt Lewin atau biasa dikenal dengan model penelitian spiral. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Panularan. Teknik pengmpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan test. Teknik uji validasi dilakukan oleh ahli materi seperti guru kelas dan dosen validator. Data penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode jarimatika dalam pembelajaran dinyatakan sangat layak dalam meningkatkan kemampuan menghitung perkalian siswa. 

Tingkat kelayakan metode jarimatika berdasarkan data penelitian yang diperoleh, yaitu :

1. pratindakan nilai rata-rata 62.6

2. Siklus I nilai rata-rata 66,91

3. Siklus 2 nilai rata-rata 82,28 

 

Keywords

Peningkatan, Kemampuan Menghitung, Perkalian, Metode Jarimatika, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

Ade Kantari, Mefa.2016.Skripsi: Meningkatkan Kemampuan Berhitung PerkalianMelalui Metode Jarimatika Siswa Kelas II Semester 2 SDN 40 Ampenan Tahun Pelajaran 2015/2016. Nurmasari, Linda.2011.skripsi: Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II SD Negeri 3 Pringanom Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Surakarta: Tidak diterbitkan Septi Peni Wulandari,2008. Jarimatika perkalian dan Pembagian. Jakarta: Kawasan Pustaka Indah,R.P.2015.Efektivitas Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SD Kelas III. DutaCom Journal,8(2) Panjaitan, Martin.2018. Skripsi: Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas III SDN 106162 Kec. Medan Estate Septiani Aris, Dwi 2013. Skripsi: Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Jarimatika Dalam Tema Lingkungan Peserta Didik Kelas II SDN 2 Klapasawit Kalimantan Tengah, Purbalingga. Husna, A. (2017). Pelatihan Penggunaan Metode Jarimatika Untuk Menanamkan Konsep Cara Mudah Menghitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar RW. 01 Kelurahan Kibing, Minda Baharu, 1(1), 19-24. Agnes, Januar. 2011. Skripsi : Prningkatan Keterampilan Menghitung Perkalian Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Pada Siswa Kelas II SD Negeri Blimbing I Tahun Pelajaran 2011 2010/2011 Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media Sugiyono . (2015. Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabet Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Grup Mulyasa. (2013). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Sutikno, Sobry. 2014. Metode & Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Lombok: Holistica. Adi S. (2003). Pengertian Peningkatan Menurut Ahli. http://www.Duniapelajar.com.pengertian-Peningkatan-Menurut-Para Ahli.Html. Diakses pada tanggal 4 Juli pukul 24.16 WIB. Prayugo, W. F., & Efendi, M. (2017). Pengaruh penggunaan metode jarimagic terhadap kemampuan berhitung perkalian siswa tunarungu kelas IV. Jurnal Ortopedagogia, 1(3), 175-181.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.